Kamis 14 Dec 2023 07:21 WIB

Pagi Ini, Gempa Kejutkan Warga Sukabumi

Warga mengatakan getaran gempa cukup kencang.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ani Nursalikah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Warga Sukabumi dikejutkan dengan guncangan gempa yang terjadi pada Kamis (14/12/2023) pagi. Sebagian warga yang akan beraktivitas sempat jeluar rumah karena getaran gempa cukup kuat.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan guncangan gempa tersebut bermagnitudo 4.6 dan terjadi sekitar pukul 06.35 WIB. Lokasi gempa berada pada koordinat 6.76 LS, 106.53 BT dan berpusat di 25 kilometer Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 5 Kilometer.

Baca Juga

"Guncangan gempa cukup terasa kencang," ujar salah seorang warga Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Cira (35 tahun).

Ia sempat keluar karena khawatir terjadi gempa susulan. Namun, gempa hanya berlangsung singkat dan ia kembali ke dalam rumah. Ia menuturkan gempa tidak menyebabkan kerusakan pada rumah di sekitar tempat tinggalnya.

Hal senada disampaikan warga lainnya di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. "Gempanya cukup besar tapi hanya sebentar," kata Hasan (50).

Hingga kini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih memantau dampak gempa di lapangan. Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 4.0 terjadi pada Jumat (8/12/2023) lalu pukul 02.00 WIB. Dengan titik lokasi koordinat 6.73 LS, 106.61 BT atau pusat gempa berada di darat 25 kilometer Barat Daya Kota Bogor dengan kedalaman 5 Kilometer dan dirasakan (MMI) III Kalapanunggal Sukabumi.

Pada waktu itu tercatat ada 186 unit rumah terdampak gempa terbagi ke dalam kategori rusak ringan sebanyak 144 unit, rusak sedang 40 unit, dan rusak berat sebanyak dua unit. Guncangan gempa juga merusak satu unit Masjid jami rusak ringan dan satu unit madrasah diniyah (MD) rusak ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement