Kamis 07 Dec 2023 16:52 WIB

UIN Datokarama Targetkan Gaet 20 Ribu Mahasiswa

UIN Datokarama saat ini memiliki 183 ruang kelas belajar (RKB).

Foto udara pembangunan gedung Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu di Palu, Sulawesi Tengah.
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Foto udara pembangunan gedung Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu di Palu, Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama menargetkan jumlah mahasiswa mencapai angka 20.000 sebagai salah satu upaya dalam menopang percepatan pengembangan kampus tersebut menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

"Kampus yang sehat bila mahasiswanya berjumlah 15 ribu-20 ribu, ini harus kita capai," kata Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir, dihubungi dari Palu, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga

Rektor meyakini target tersebut dapat dicapai oleh UIN Datokarama, karena perguruan tinggi Islam negeri tersebut memiliki sumber daya manusia yang memadai, jejaring kemitraan yang baik, serta dukungan sarana yang memungkinkan.

Profesor Lukman S Thahir yang juga sebagai Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Sulteng mengemukakan bila target tersebut tercapai, maka UIN Datokarama akan segera melakukan pengembangan menjadi BLU.

 

"Di samping perguruan tinggi ini akan menyiapkan segala infrastruktur dan sarana lainnya, yang menyangkut dengan sumber pendanaan BLU," katanya.

UIN Datokarama saat ini memiliki 183 ruang kelas belajar (RKB). RKB tersebut tersebar di kampus satu UIN Datokarama di Kota Palu dan kampus dua di Kabupaten Sigi. Ketersediaan RKB tersebut dapat menampung 25.620 mahasiswa dalam sehari pada jenjang strata satu, dua dan tiga.

Untuk mencapai angka 15 ribu-20 ribu mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan harus berkolaborasi dengan mahasiswa dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru. "Mahasiswa harus diberikan ruang yang besar dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, disertai dengan keunggulan-keunggulan dan kemudahan yang dimiliki UIN Datokarama," katanya.

UIN Datokarama memiliki banyak mahasiswa yang berprestasi di tingkat daerah dan nasional pada berbagai aspek, di antaranya aspek seni, budaya, pendidikan, dan olahraga. Selain itu, UIN juga memberikan kemudahan kepada masyarakat yaitu dengan memberikan bantuan beasiswa di antaranya beasiswa hafalan quran, beasiswa prestasi, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Baznas, beasiswa kartu Indonesia pintar.

"Dan mulai tahun depan, kampus ini harus menerima pendaftar dari non-Muslim," katanya.

Rektor menegaskan generasi muda dari non-Muslim berhak untuk kuliah di UIN Datokarama dan berhak mendapat seluruh komponen beasiswa yang ada di kampus tersebut. Penerimaan masyarakat non-Muslim pada kampus tersebut, seiring dengan UIN Datokarama telah memiliki program studi umum. Saat ini, UIN Datokarama Palu memiliki beberapa program studi umum, di antaranya Arsitektur, Sistem Informasi, Informatika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Perbankan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement