Ahad 03 Dec 2023 08:33 WIB

Sekjen PBNU: Erick Thohir Sosok Tepat Konsolidasikan Transisi Lakpesdam NU

Erick Thohir diyakini punya banyak pengalaman yang mumpuni.

Erick Thohir.
Foto: AP
Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan, dipilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU, didasarkan pada hasil rapat gabungan PBNU.

"Dalam pembahasan ketua umum Lakpesdam ini, saya sampaikan bahwa Lakpesdam ke depan ingin dijadikan sebagai Bappenasnya NU," kata dia, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga

Karena itu, lanjut Gus Ipul, Lakpesdam PBNU nantinya mencakup perencanaan program dan juga penganggaran. Termasuk konsep-konsep strategis sampai turunannya, yang turut dibahas di dalam Lakpesdam.

"Jadi nantinya menjadi semacam lembaga think tank yang menggodok perencanaan jangka menengah, jangka pendek, dan jangka panjang. Ada yang jangka waktu tahunan, 5 tahunan dan 20 tahunan," kata dia.

 

Perencanaan yang disusun di dalam Lakpesdam PBNU, terang Gus Ipul, akan meliputi hampir semua bidang. Untuk itu, Erick diharapkan dapat mengonsolidasikan proses transisi Lakpesdam ini hingga menjadi lembaga semacam Bappenasnya NU.

"Pak Erick diharapkan mengonsolidasikan dan membantu transisi itu, dari Lakpesdam yang selama ini hanya mengurusi SDM untuk kemudian menjadi Bappenasnya NU. Ini kan tentu perlu transisi dan transformasi," ujarnya.

Gus Ipul menambahkan, Erick Thohir merupakan sosok yang tepat untuk menjadi ketua Lakpesdam PBNU karena memiliki berbagai pengalaman. Mulai dari pengalaman sebagai teknokratis hingga pengalaman-pengalaman lainnya.

"Yang nantinya diharapkan menyusun satu rencana transformasi itu dengan baik, termasuk transformasi digital terkait tata kelola," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyatakan akan mengangkat Erick Thohir sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU.

Gus Yahya ingin mengangkat Erick sebagai Ketua Lakpesdam PBNU untuk membangun teknokrasi dalam operasi organisasional NU. Menurut dia, Erick memiliki pengalaman dalam hal tersebut dan telah memiliki rekam jejak yang bagus.

"Saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasional. Dan Pak Erick sangat berpengalaman. Punya track record yang bagus sekali. Saya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenas-nya NU," kaya Gus Yaqut.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement