Senin 20 Nov 2023 13:31 WIB

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Baznas untuk Palestina

Baznas mengirimkan bantuan untuk Palestina seberat 21 ton.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepa bantuan Baznas untuk Palestina.
Foto: Dok. BAZNAS
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepa bantuan Baznas untuk Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk masyarakat Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023). Bantuan ini merupakan gabungan dari bantuan pemerintah, masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui BAZNAS dan lembaga lainnya serta dari PT Paragon Technology and Innovation.

Pesawat tersebut akan menuju El Arish, Mesir, yang menjadi wilayah terdekat dengan Gaza. Presiden Jokowi hadir di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur untuk melepas bantuan tersebut. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan, bantuan yang dikirim merupakan bantuan tahap kedua, seberat 21 ton.

Baca Juga

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita kembali akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke saudara-saudara kita di Palestina sebanyak dua pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton," kata Jokowi, mengutip keterangan tertulis, Senin.

Jokowi merinci, bantuan yang akan dikirim berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, dan barang-barang lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza.

"Bantuan ini berasal dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, masyarakat, di antaranya PT Paragon Technology and Innovation, BAZNAS, Indonesian Humanitarian Alliance dan lembaga-lembaga lainnya," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, sama seperti bantuan tahap pertama, bantuan tahap kedua akan diangkut menggunakan pesawat. Nantinya, pesawat akan menuju ke El Arish di Mesir, selanjutnya akan disalurkan ke Gaza. Jokowi menegaskan, selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina, apalagi Indonesia merupakan salah satu utusan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Sebagai salah satu utusan OKI, Menlu RI juga sedang ke beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata, dan bantuan bisa segera masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara di Palestina. Sekali lagi saya tegaskan Indonesia mendukung perjuangan bangsa Palestina," katanya.

BAZNAS bekerja sama dengan sejumlah mitra, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan perusahaan dalam menggalang bantuan untuk Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement