Jumat 17 Nov 2023 21:50 WIB

Terus Bertransformasi, Telkom Luncurkan Program ESG 2024

Telkom melihat ESG jadi sumber value creation dan tanggung jawab kinerja korporasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Dirut PT Telkom Indonesia Tbk, Ririek Adriansyah menyampaikan sambutan pada acara Telkom ESG Day di Yogyakarta, Kamis (16/11/2023).
Foto: REPUBLIKA/YOGI ARDHI
Dirut PT Telkom Indonesia Tbk, Ririek Adriansyah menyampaikan sambutan pada acara Telkom ESG Day di Yogyakarta, Kamis (16/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendukung komitmen Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui peresmian program ESG Existence for Sustainability (EXIST) by Telkom Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, ESG saat ini menjadi sumber value creation dan menjadi tanggung jawab bagi kinerja korporasi dan inisiatif dalam menjaga keberlanjutan.

Baca Juga

"Implementasi ESG diharapkan dapat terus dioptimalkan, bukan hanya untuk perusahaan, namun juga untuk kepentingan negara," ujar Ririek dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Ririek menyebut implementasi ESG melibatkan banyak pemangku kepentingan agar dapat terus berlangsung dan berkelanjutan. Menurut Ririek, Indonesia dapat menjadi negara yang ramah lingkungan dan berkelanjutan melalui penerapan ESG.

"EXIST menjadi semangat Telkom dalam mewujudkan masa depan berbasis ESG yang bertujuan mewujudkan bisnis berkelanjutan dengan menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat melalui layanan dan solusi inovatif yang dimiliki," ucap Ririek.

Ririek menjelaskan ESG Telkom melalui EXIST hadir dengan tiga pilar utama, yaitu Environmental, Social, dan Governance. Pada pilar Environmental, Telkom bersama seluruh anak perusahaan dan afiliasi berkomitmen mendukung target pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission 2060, di antaranya melalui penerapan waste management oleh Telkom Property dan Telkomsel dengan program Jaga Bumi.

Telkom, lanjut Ririek, juga berupaya mereduksi emisi, salah satunya dengan penggunaan solar panel pada BTS Telkomsel, Telkom Infra, termasuk Mitratel. Tak hanya itu, dukungan juga diberikan melalui penggunaan lithium battery untuk tower Mitratel dan pembangunan green data center oleh NeutraDC.

"Untuk pilar Social, Telkom mendukung keberagaman talenta melalui program rekrutmen untuk karyawan disabilitas, serta pengembangan talenta digital yang selaras dengan program prioritas Kementerian BUMN 2020-2024," sambung Ririek. 

Ririek menambahkan pilar governance menjadi upaya Telkom membangun kepercayaan para pemangku kepentingan, termasuk pelanggan akan keamanan dan perlindungan data pribadi pelanggan serta etika bisnis. Sebagai bagian dari rangkaian Telkom ESG Day, Telkom juga melaksanakan penanaman 1.000 bibit pohon di Desa Girikerto, yang turut dihadiri Lurah Girikerto, Sudibyo.

"Desa Girikerto merupakan desa penyangga air di Kawasan Gunung Merapi, yang mana sumber mata airnya bermanfaat untuk kehidupan dan wajib untuk dijaga," ucap Ririek.

Ririek mengatakan desa ini juga memiliki program pengembangan Agro Buah dengan luas lahan 4,03 hektare, yang bertujuan untuk menaikkan taraf hidup masyarakat dengan menanam tanaman yang produktif dan menghasilkan dampak ekonomi berkelanjutan. Ririek menyampaikan penanaman bibit ini menjadi langkah awal komitmen Telkom dalam pengimplementasian ESG. 

"Semoga apa yang kita lakukan bisa berkelanjutan dan menghasilkan manfaat untuk kita semua," kata Ririek.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement