Jumat 17 Nov 2023 12:07 WIB

Makassar Leadership Sumit 2023 Digelar Dua Hari, JK Pastikan Hadir

Acara itu menjadi momentum dalam mencetuskan Gerakan Indonesia Timur Kompeten 2023.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019, M Jusuf Kalla menjadi pembicara utama di acara Makassar Leadership Summit 2023.
Foto: Antara
Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019, M Jusuf Kalla menjadi pembicara utama di acara Makassar Leadership Summit 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia (PMSM), Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berkolaborasi untuk pertama kalinya menyelenggarakan Makassar Leadership Summit 2023, yaitu konferensi tentang kepemimpinan.

 

Acara tersebut menghadirkan tokoh dan pemimpin nasional dari berbagai kalangan, pemilik bisnis, direktur perusahaan nasional dan multinasional, profesional dan praktisi HC, serta akademisi. Konferensi akan berlangsung di Sandeq Ballroom Hotel CLARO Makassar, Sulawesi Selatan, pada 27 dan 28 November 2023.

 

 

People Director of Kalla Group yang juga ditunjuk menjadi ketua Makassar Leadership Summit 2023, Disa Novianty menjelaskan, acara tersebut berfokus pada kepemimpinan (leadership). Tujuannya untuk berkontribusi terhadap wacana dan diskusi terkini terkait leadership guna mendukung persiapan pemimpin masa depan, khususnya di kawasan Indonesia bagian timur.

Hal itu juga menjadi momentum dalam mencetuskan Gerakan Indonesia Timur Kompeten 2023 sebagai langkah awal dari timur untuk mendukung perwujudan Gerakan Nasional Indonesia Kompeten 2030. Makassar Leadership Summit 2023 mengangkat tema 'Empowering and Shaping Future Leaders for a Transformative and Sustainable Indonesia'.

"Konferensi ini dapat menjadi sebuah gerakan, ajang berkumpul dan belajar dari sesama, sehingga bisa melahirkan kolaborasi-kolaborasi baru dan inspirasi bagi para pemimpin untuk menjadi pemimpin yang lebih efektif dan inspiratif," ujar Disa dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

 

Menghadirkan seri 12 talkshow, Wakil Ketua Umum Apindo Sanny Iskandar menargetkan, acara itu bisa mendorong hadirnya lebih banyak pemimpin dari Indonesia timur. "Diharapkan Makassar akan semakin banyak melahirkan pemimpin berkualitas dan berdaya saing dalam menjalankan peran aktifnya bagi perekonomian Indonesia bagian timur dan nasional."

Hal tersebut seiring dengan peran strategis Makassar sebagai poros pertumbuhan perekonomian di Indonesia bagian timur yang memerlukan para pemimpin potensial. Wakil presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019, H M Jusuf Kalla, telah mengonfirmasi kehadirannya selaku keynote speaker pada hari pertama.

 

Sementara pada 26 November 2023, akan diselenggarakan Makassar Youth Leadership Summit sebagai acara pembuka dari Makassar Leadership Summit. Acara yang dikhususkan untuk pemimpin-pemimpin muda ini merupakan kolaborasi dengan Dispora dan Pemimpin.id.

 

Ketua Yayasan Pemimpin.id, Hendarsyah Aditya menjelaskan, tersebut terdiri sesi berbagi dan diskusi yang akan mengangkat empat topik 'Economy, Technology & Digital, Social Issues, dan Environment'. Hasil diskusi akan menjadi sebuah komitmen awal untuk ditindaklanjuti bersama oleh pemimpin muda di Indonesia bagian timur sebagai sebuah bentuk nyata dari acara tersebut.

 

Menurut Hendarsyah, tiket untuk Makassar Leadership Summit 2023 akan dijual seharga Rp 1 juta per orang. Setiap peserta akan mendapatkan akses untuk bisa mengikuti selama dua hari. Makassar Leadership Summit juga memberikan harga khusus bagi mahasiswa senilai Rp 500 ribu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement