Kamis 16 Nov 2023 03:12 WIB

Pelatihan Menjahit Jadi Upaya Ganjar Milenial Center Bantu Pemberdayaan Warga di Desa

Warga Desa Prambon diajarkan untuk mehamami istilah-istilah menjahit.

Pelatihan menjahit di Griya Sambung Rasa TKM Mandiri, Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim).
Foto: Dok. Web
Pelatihan menjahit di Griya Sambung Rasa TKM Mandiri, Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN TRENGGALEK -- Kelompok relawan Ganjar Milenial Center (GMC) berkomitmen untuk membantu pemberdayaan masyarakat kecil, terutama warga desa. Salah satunya lewat pelatihan menjahit. Pendukung Ganjar Pranowo itu mengadakan pelatihan tersebut di Griya Sambung Rasa TKM Mandiri, Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim). 

“Ganjar Milenial Center Jawa Timur Kabupaten Trenggalek melakukan kegiatan, yaitu pelatihan menjahit. Ini bekerja sama dengan Kelompok Kerja Mandiri yang diprakarsai oleh Srikandi Prambon Production,” kata Koordinator Daerah GMC Kabupaten Trenggalek Arika Hafidz seperti dinukil pada Rabu (15/11/2023). 

Dalam pelatihan itu, warga Desa Prambon diajarkan untuk mehamami istilah-istilah menjahit, mengerti pengoperasian mesin jahit, mengetahui jenis-jenis kain, hingga belajar membuat pola pakaian dan teknik menjahit dasar.

Menurut Arika, usaha di bidang jahit akan terus bertahan karena masih banyak orang yang mengandalkan usaha jasa jahit untuk kebutuhan pakaian sehari-hari ataupun modifikasi busana.

Terlebih, skill menjahit juga tidak hanya bisa digunakan untuk membuat pakaian. Tapi juga jahitan lain seperti sprei, sarung bantal, selimut, tas, masker kain, taplak, hingga gorden.

“Dengan skill menjahit, warga di Desa Prambon ini juga bisa menerima orderan dari hajatan-hajatan,” kata Arika.

Arika berharap warga Desa Prambon bisa semakin berdaya dan meningkat perekonomiannya. Arika juga berharap silaturahmi antar warga selalu terjalin.

Sementara salah satu peserta bernama Maulana Bagus berterima kasih kepada GMC Kabupaten Trenggalek. Berkat pelatihan itu, Bagus jadi punya keterampilan menjahit untuk usaha.

“Alhamdulillah hari ini bisa mengikuti pelatihan menjahit dari Ganjar Milenial Center. Sebelumnya saya belum bisa menjahit tapi tertarik untuk mengembangkan skill di bidang jahit karena banyak dibutuhkan warga desa,” kata dia. 

Bukan kali ini saja GMC mencoba mengasah skill masyarakat. Sebelumnya, di Sumatra Utara, GMC menggelar pelatihan barbershop. 

Pelatihan ini digelar di Barber House, Jalan Ar Hakim, Kecamatan Medan Area, Medan, Sumatra Utara. Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Sumut, Yusuf Elpa Sagala mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepada milenial untuk ikut terjun di dunia wirausaha dengan mengembangkan potensi dan bakat milenial di bidang barber.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat berwirausaha dan mengembangkan potensi dan bakat milenial di bidang barber dengab menggandeng Barber House," ujar Yusuf, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement