Senin 13 Nov 2023 23:35 WIB

Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor Kembali Molor

Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor dimulai sejak 2015.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ani Nursalikah
Pembangunan tahap akhir Masjid Agung Kota Bogor sedang berlangsung. Pembangunan ditargetkan selesai akhir 2023.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Pembangunan tahap akhir Masjid Agung Kota Bogor sedang berlangsung. Pembangunan ditargetkan selesai akhir 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pembangunan tahap tiga Masjid Agung Kota Bogor di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor baru mencapai 65 persen. Capaian pembangunan Masjid Agung ini minus sembilan persen dari target, lantaran ada kesalahan metode dalam pembangunan tahap akhir ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor Rena Da Frina mengatakan Masjid Agung Kota Bogor ditargetkan untuk diresmikan pada 29 Desember 2023. Sehingga ia pun mengatur metode paling cepat untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Agung yang sudah berlangsung bertahun-tahun ini.

Baca Juga

“Kalau saat ini ada deviasi minus sembilan persen. Ya kendalanya karena mereka (kontraktor) salah menggunakan metode. Metode kerja mereka itu tidak efektif dan efisien,” kata Rena kepada Republika, Senin (13/11/2023).

Oleh karenanya, Rena mengaku harus ekstra fokus untuk penyelesaian pembangunan Masjid Agung bersama-sama. Bahkan ia harus memelototi dan memantau progres pembangunan setiap hari.

 

Tak tinggal diam, Rena mengatakan, Dinas PUPR Kota Bogor pun harus turun tangan membantu pemilihan metode. Lantaran selama ini metode yang dipilih oleh kontraktor pembangunan bukan metode yang paling cepat.

“Makanya itu yang kita perbaiki. Kemarin itu kita sudah bedah, mau nggak mau kita harus ikut campur dalam pemilihan metode mereka. Kita harus supervisi mereka,” ujarnya.

Rena menegaskan, sisa waktu sekitar 35 hari ke depan jelang peresmian harus dimanfaatkan dengan baik. Meskipun saat ini cuaca Kota Bogor sudah masuk musim hujan.

Menurutnya, hujan seharusnya tidak...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement