Rabu 08 Nov 2023 20:14 WIB

Dana Abadi Pesantren Wujud Kepedulian Prabowo-Gibran Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Program Dana Abadi Pesantren merupakan mandat Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka kala mengenalkan program Dana Abadi Pesantren di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).
Foto: Republika.co.id
Cawapres Gibran Rakabuming Raka kala mengenalkan program Dana Abadi Pesantren di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Dana Abadi Pesantren yang digagas capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka bisa berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air. Hal itu membuktikan perhatian keduanya yang sangat terfokus pada kesejahteraan dunia pendidikan Indonesia.

Terlebih lagi, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan moral anak bangsa. Sehingga, dengan kesejahteraan pesantren, secara tidak langsung Prabowo-Gibran juga telah meningkatkan moralitas generasi bangsa di masa depan.

"Gagasan yang diusung Prabowo-Gibran sangat bagus dan positif untuk peningkatan pesantren karena pesantren ini kan kalau saya lihat pendidikan bukan hanya ilmu pengetahuan tapi moralitas," kata pengamat politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Menurut Ujang, pondasi bangsa Indonesia harus dibenahi agar menjadi bangsa yang bermoral tinggi. Salah satu caranya, yaitu dengan meningkatkan sektor pendidikan, termasuk pesantren.

 

Artinya, sambung dia, gagasan Prabowo-Gibran berusaha membangun dan memperbaiki moralitas anak bangsa langsung dari dasar sistemnya, yakni kesejahteraan. Sehingga, sarana dan prasarana pendidikan dapat terpenuhi dengan adanya program dana abadi pesantren.

"Jadi fondasi bangsa ini dari pesantren, pendidikan pesantren yang bisa menjaga moralitas bangsa Indonesia," ucap Ujang.

Menurut dia, dukungan terhadap Prabowo-Gibran dari kalangan kelompok Muslim semakin besar. Hal itu sangat potensial membawa Prabowo dan Gibran memenangkan Pilpres 2024.

"Kelompok Muslim sangat penting bagi Prabowo dan Gibran, karena penduduk Indonesia mayoritas Muslim, sehingga mampu mendongkrak elektabilitasnya di Pilpres 2024," ujarnya.

Duet Prabowo-Gibran memiliki beberapa program unggulan, salah satunya adalah Dana Abadi Pesantren. Program tersebut merupakan mandat Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement