Jumat 03 Nov 2023 23:24 WIB

Inkud Gandeng BUMN Perkuat Jaringan Distribusi Pertanian

Inkud adalah koperasi yang membawahi 9.000-an KUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Inkud gandeng BUMN untuk menyalurkan pupuk bersubsidi hingga peternakan guna mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Foto: Republika.co.id
Inkud gandeng BUMN untuk menyalurkan pupuk bersubsidi hingga peternakan guna mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Induk Koperasi Unit Desa (Inkud) menyelenggarakan acara temu bisnis dengan menghadirkan PT Pupuk Indonesia dan PT ID Food. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangkaian acara rapat anggota rahunan (RAT) Inkud tahun 2023.

Direktur Utama Inkud Portasius Nggedi menjelaskan, temu bisnis tersebut penting dilakukan bersama perwakilan koperasi unit desa (KUD) di seluruh provinsi di Indonesia. Tujuannya untuk menguatkan kembali peran Inkud ke depan.

"Salah satu ciri demokrasi Pancasila adalah memberikan kesempatan distribusi sarana produksi pertanian kepada koperasi seperti Inkud yang sudah memiliki aset gudang dan manajemen untuk bisa memastikan keadilan terdistribusi ke perdesaan," ujar Portasius di Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023).

Portasius menyebut, Inkud adalah koperasi yang membawahi 9.000-an KUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun jumlah anggotanya diperkirakan mencapai belasan juta prang. Sedangkan Menhan Prabowo Subianto merupakan ketua dewan pembina Inkud.

"Inkud juga menciptakan sinergi, kolaborasi dengan induk holding BUMN PT Pupuk Indonesia dalam bidang penyaluran pupuk bersubsidi, logistik, agro industri, peternakan dan perikanan guna mendukung pertumbuhan ekonomi di perdesaan melalui peningkatan produksi hasil pertanian dari anggota Inkud dan juga masyarakat," kata Portasius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement