Senin 30 Oct 2023 21:39 WIB

Perkokoh Solidaritas di Hari Sumpah Pemuda, Relawan Muda Ganjar Jatim Helat Rakerwil ll

Rakerwil ini sengaja digelar OMG Jatim dengan untuk merancang strategi relawan.

Rapat kerja wilayah (rakerwil) ll di Hotel Narita Surabaya di Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jatim.
Foto: Dok. Web
Rapat kerja wilayah (rakerwil) ll di Hotel Narita Surabaya di Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jatim.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Timur (Jatim) menggelar rapat kerja wilayah (rakerwil) ll di Hotel Narita Surabaya di Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jatim. 

Rakerwil ini sengaja digelar OMG Jatim dengan untuk merancang strategi relawan, memperkokoh solidaritas antar relawan, dan mengkongkretkan kemenangan Ganjar Pranowo di Jawa Timur. 

Baca Juga

Koordinator Wilayah OMG Jatim, Agung Wirya Saputra mengatakan, kegiatan tersebut juga untuk mengkonsolidasikan komitmen relawan dalam menggaet pemilih dari kalangan anak muda. 

"Kami menyampaikan strategi dan target-target kemenangan yang coba kita susun di OMG Jatim. Kedua, kami ingin memaparkan pada teman-teman pengurus cabang, bagaimana kemudian nanti caranya, mekanismenya untuk bisa mengkonsolidasikan pemilih muda," ujar Agung, seperti dinukil pada Senin (30/10/2023). 

"Goals dalam kegiatan ini adalah membangun kekuatan basis yang benar-benar konkret di akar rumput," tambahnya. 

Adapun dalam Rakerwil II ini OMG Jatim mengusung tema 'Sura dira jayaningrat lebur dening pangastuti' yang berarti segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan kebijaksanaan, kelembutan, dan kesabaran.

Melalui tema tersebut, relawan ini berkomitmen untuk menjalankan kegiatan dengan positif, penuh kebijaksanaan, dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. 

Selain rakerwil, pada hari yang sama relawan juga menggelar kegiatan diskusi dan seminar bertajuk 'Pemuda dalam Lingkaran Elektoral Politik Indonesia'. Dengan tema ini, relawan OMG berharap bisa mendorong partisipasi politik kalangan pemuda dalam pemilu.

"Berdasarkan survei, angka pemilih milenial ini sangat tinggi. Bahkan termasuk pemilih yang paling tinggi. Kami tidak mau narasi mengenai pemilu ini tidak sampai secara konkret pada pemilih pemula. Sehingga kita mengangkat isu itu," ujarnya. 

Diketahui seminar tersebut dihadiri Ketua Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud Jatim, Budi Sulistyono Kanang, Akademisi, Siti Marwiyah, serta ribuan relawan pendukung Ganjar di Jawa Timur. 

Siti Marwiyah yang juga merupakan rektor Universitas Dr. Soetomo menjadi salah satu pembicara dalam seminar dan diskusi ini. Ia menyampaikan apresiasinya pada relawan OMG Jatim atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

Menurutnya, relawan OMG telah ikut andil dalam mendorong peran politik kalangan anak muda dalam kesuksesan pemilu. 

"Saya sangat mengapresiasi yang luar biasa karena anak muda peduli pada kegiatan bagaimana sosialisasi terlibat dalam pemilu. Kita tahu dalam pemilu sebelumnya, anak muda banyak tidak terlibat dalam konteks penggunaan suara," katanya.

Ganjar sendiri telah mengajak pemuda Indonesia untuk melakukan penyegaran dan pembaruan nilai-nilai kehidupan di peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95.

"Di hari sumpah pemuda rasanya kita harus melakukan reaktualisasi dari sumpah pemuda itu," ujar Ganjar. 

Reaktualisasi ini dapat dilakukan dengan membulatkan komitmen, karena para pemuda merupakan harapan bangsa. Ia pun meniru pernyataan Bung Karno, "Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia".

Menurut dia, Soekarno sangat peduli dengan anak muda. Hal ini terbukti dari banyaknya pemuda Indonesia yang sudah bisa menggoncang dunia.

"Mereka punya talenta hebat, ilmu pengetahuan, seni, budaya, olahraga, sains, luar biasa lah termasuk ekonomi kreatif," kata dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement