Rabu 25 Oct 2023 17:19 WIB

Cimahi Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang

Hujan disertai butiran es meluas ke wilayah Kota Bandung dan sekitarnya.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah
Kendaraan melewati genangan cileuncang atau genangan air hujan yang merendam ruas jalan di bawah Flyover Cimindi, Kota Cimahi, Jumat (16/6/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kendaraan melewati genangan cileuncang atau genangan air hujan yang merendam ruas jalan di bawah Flyover Cimindi, Kota Cimahi, Jumat (16/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan deras dan angin kencang terjadi di wilayah Kota Cimahi, Rabu (25/10/2023) sore. Hujan disertai butiran es meluas ke wilayah Kota Bandung dan sekitarnya.

Seperti dilihat pada sebuah rekaman video di infobandungraya, hujan deras dan angin kencang di Cimindi merusak baliho dan spanduk dan tenda pada salah satu ruko. Para karyawan yang menyaksikan hujan deras dan angin kencang ketakutan melihat kondisi tersebut.

Baca Juga

"Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar," ucap salah satu karyawan perempuan seperti terdengar dalam rekaman video tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Fitriandy Kurniawan mengatakan hujan deras dan angin kencang terjadi siang. Namun, saat ini tersisa hanya hujan deras dan angin kencang sudah tidak ada.

 

"Hujan, anginnya lewat," ucap dia saat dikonfirmasi, Rabu (25/10/2023).

Ia mengaku masih mendata dampak kerusakan yang diakibatkan oleh hujan deras dan angin kencang. "Masih didata," kata dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan Kota Bandung dan sekitarnya sudah memasuki musim pancaroba. Oleh karena itu masyarakat diminta lebih waspada dan menjaga ketahanan tubuh.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan musim pancaroba akan terjadi pada pertengahan Oktober hingga awal November tahun 2023. Kondisi pancaroba saat ini kurang lebih ditandai dengan hujan dan tidak hujan.

"Masa pancaroba di tahun ini akan terjadi di pertengahan Oktober hingga awal November 2023. Potensinya berbeda dari tahun sebelumnya, masa pancaroba tahun ini kemungkinan besar hanya ditandai dengan hujan dan tidak hujan, tidak sesignifikan kondisi masa pancaroba tahun yang lalu yang ada kejadian hujan es," ucap dia, Senin (23/10/2023).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement