Rabu 25 Oct 2023 11:31 WIB

Tingkatkan Literasi Data, Prodi Sains Data UNM Gelar Workshop Codeless Data Science

kegiatan ini bertujuan memperkenalkan konsep codeless data science menggunakan KNIME

Program Studi (Prodi) Sains Data, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan Workshop Codeless Data Science Using KNIME for Business pada Selasa-Rabu, 14-15 November 2023 Pukul 09.00-16.00 WIB di UNM Kampus Jatiwaringin, Jl. Raya Jatiwaringin No 2, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.
Foto: Dok UNM
Program Studi (Prodi) Sains Data, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan Workshop Codeless Data Science Using KNIME for Business pada Selasa-Rabu, 14-15 November 2023 Pukul 09.00-16.00 WIB di UNM Kampus Jatiwaringin, Jl. Raya Jatiwaringin No 2, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital ini, data telah menjadi harta yang sangat berharga bagi bisnis. Perusahaan yang dapat mengelola, menganalisis dan mendapatkan wawasan dari data dengan cerdas memiliki keunggulan kompetitif yang luar biasa. Kebutuhan akan talenta data terus meningkat di Indonesia seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri digital dan transformasi digital di berbagai sektor. 

Mengingat pentingnya keterampilan data science di dunia bisnis, Program Studi (Prodi) Sains Data, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan Workshop Codeless Data Science Using KNIME for Business pada Selasa-Rabu, 14-15 November 2023 Pukul 09.00-16.00 WIB di UNM Kampus Jatiwaringin, Jl. Raya Jatiwaringin No 2, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Kegiatan ini akan menghadirkan narasumber Arief Rama Syarif selaku  Founder Yayasan Komunitas Open Source, Data Analyst-Medco E&P Indonesia dengan moderator Ami Rahmawati selaku dosen Prodi Sains Data.

Tati Mardiana selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Sains Data Kampus Digital Bisnis UNM mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep codeless data science menggunakan KNIME.  Dengan konsep ini, peserta dapat menggali peluang-peluang bisnis guna meningkatkan keunggulan bersaing dalam bisnis modern.

“Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, data bukan lagi sekadar kumpulan angka. Data merupakan cermin dari pelanggan, pasar, dan keseluruhan ekosistem bisnis. Namun, tidak semua orang di perusahaan memiliki latar belakang teknis atau pemrograman yang diperlukan untuk mengakses wawasan dari data ini,” paparnya dalam rilis yang diterima, Rabu (18/10).

Penggunaan KNIME, terang Tati merupakan platform data science yang tangguh namun mudah digunakan, memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk merasakan kekuatan analisis data yang mendalam dengan pendekatan tanpa kode (codeless).

“Peserta workshop nantinya akan diajak untuk memahami konsep-konsep inti seperti preprocessing data, analisis mendalam dan pengambilan keputusan berbasis data serta mempraktikannya dengan menggunakan KNIME,” ucap Tati.

Ia menyampaikan kegiatan ini terbuka untuk umum dengan investasi yang cukup terjangkau 75.000 Rupiah dan dapat di transfer ke rekening Bank Mandiri 123 000 111 3804 Yayasan Indonesia Nusa Mandiri. Peserta dapat melakukan pendaftaran sampai 6 November 2023 melalui tautan https://bit.ly/Reg-Workshop-Sains-Data. 

“Seluruh peserta akan mendapatkan benefit berupa e-materi dan e-sertifikat, untuk informasi lebih lengkap dapat mengikuti ig official Universitas Nusa Mandiri (UNM) di @nusamandiriuniversitas. Semoga workshop ini akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang konsep codeless data science menggunakan KNIME dan memperluas pengalaman para peserta di bidang data science,” tutur Tati

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement