Jumat 20 Oct 2023 22:30 WIB

Cuaca Panas Ekstrem, Kebakaran Landa TPA Rawakucing Tangerang

Kebakaran berawal dari area landfill di pintu satu.

Foto dari atas kebakaran di TPA Rawakucing Kota Tangerang, Jumat (20/10/2023). Kebakaran saat ini semakin meluas.
Foto: ANTARA/HO/Pemkot Tangerang
Foto dari atas kebakaran di TPA Rawakucing Kota Tangerang, Jumat (20/10/2023). Kebakaran saat ini semakin meluas.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kebakaran di TPA Rawakucing Kota Tangerang, Banten berawal dari area landfill di pintu satu. Api cepat merambat ke pintu lain karena angin cukup kencang pada sore hari.

"Penyebab kebakaran hingga saat ini masih diselidiki. Namun, kebakaran yang melanda TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang ini indikasi awalnya disebabkan atas faktor cuaca panas ekstrem," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga

Semakin luasnya api yang membakar membuat BPBD membagi tiga bagian proses pemadaman. Api cepat membakar sampah yang dalam kondisi kering.

"Api cepat meluas karena memang sampah-sampah yang mudah terbakar, seperti plastik. Jadi agak sulit," ujarnya.

Akibat peristiwa ini, kepulan asap hitam pun terus membumbung tinggi ke langit. Api pun terus meluas memakan hamparan sampah.

"Kami masih berupaya melakukan pemadaman," ujarnya,

Ia mengungkapkan hingga saat ini sekitar 105 personel pemadam telah dikerahkan, dengan 24 unit mobil pemadam diturunkan untuk menjinakkan api.

"Memaksimalkan penanganan, juga diturunkan 10 unit mobil tangki Disbudpar Bidang Pertamanan dan 4 mobil tangki DLH Kota Tangerang untuk mempercepat pemadaman," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement