Kamis 19 Oct 2023 21:01 WIB

Pemkot Bandung Tegaskan PKL Dilarang Beroperasi di Zona Merah

Pemkot Bandung menegaskan PKL dilarang beroperasi di zona merah.

Para petugas Satpol PP Kota Bandung berjaga di Jalan Braga dan kawasan Alun-alun Kota Bandung. Pemkot Bandung menegaskan PKL dilarang beroperasi di zona merah.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Para petugas Satpol PP Kota Bandung berjaga di Jalan Braga dan kawasan Alun-alun Kota Bandung. Pemkot Bandung menegaskan PKL dilarang beroperasi di zona merah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menegaskan pedagang kaki lima (PKL) tidak boleh beroperasi di kawasan zona merah yang telah diatur soal larangan berjualan di kawasan tertentu.

“Tidak ada di sana itu istilahnya tawar-menawar, namanya juga merah. Zona merah itu pasti zona yang tidak boleh untuk dilakukan hal yang bertentangan dengan aturan,” kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna di Bandung, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pembinaan dan Penataan PKL, area sekitar tempat peribadatan merupakan zona merah. Sehingga menurutnya para PKL tidak diperkenankan berjualan di zona merah tersebut.

“Jadi karena ini konteksnya bukan pembebasan lah, penertiban, karena penegakan hukum. Di zona merah tidak boleh ada kegiatan PKL,” katanya.

Oleh karena itu, ia meminta para PKL untuk berpindah ke zona hijau maupun kuning sebagai relokasi tempat mereka berdagang saat ini.

Di sisi lain, Ema mengapresiasi para PKL di Kota Bandung yang sudah memiliki rasa kesadaran untuk merelokasi dagangannya ke zona yang diperbolehkan aktivitas berjualan.

“Mereka menyadari itu dan di kawasan zona merah tidak ada hal-hal yang menimbulkan konflik. Nah, pola semacam ini yang ingin terus kita kembangkan,” kata dia.

Langkah tegas terhadap pedagang akan dikenakan apabila petugas mendapati PKL masih berjualan melewati garis pembatas yang dibuat sesuai kesepakatan bersama.​​​​​

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement