Jumat 13 Oct 2023 20:54 WIB

Lima Karakter Dasar Pengusaha

Pengusaha harus terus bereksperimen dan mengedepankan kearifan dalam berusaha.

Ilustrasi usaha kerupuk.
Foto: AntaraDedhez Anggara
Ilustrasi usaha kerupuk.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya H. M. Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti menyebutkan lima karakter sebagai fundamental yang harus dimiliki oleh pengusaha terutama bagi pengusaha muda.

"Bentuk kebiasaan dan nantinya kebiasaan itu akan membentuk kita," kata Andi saat menjadi narasumber pada seminar Enterpreneur dengan tema "Unleash Your Creativity Innovating in Entrepreneurship" yang digelar di Grha Kadin Jatim, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga

Menurut dia, ada lima karakter yang harus dimiliki oleh pengusaha, yaitu adaptif, disiplin, motivasi, empati dan keahlian sosial, yang akan menjadi pintu keberhasilan dalam membangun sebuah usaha.

"Kalau saat ini kalian masih menjadi mahasiswa, harus diselesaikan belajarnya. Harus disiplin dan jangan melihat, seorang pengusaha putus sekolah menjadi contoh karena itu satu banding seribu," ujarnya.

 

Terlebih saat ini, lanjutnya, masuk pada zaman dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) yang serba tidak pasti.

"Dunia saat ini mengalami perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif. Perkembangan teknologi dan informasi menjadi salah satu pengaruh terbesar dari perubahan ini," ucapnya.

Oleh karena itu, menurut dia, kelima karakter tersebut harus dimiliki dan dipegang teguh oleh setiap pengusaha yang ingin meraih keberhasilan dalam bangun sebuah usaha.

Tetapi, Andi menjelaskan, yang juga perlu diingat adalah menjadi pengusaha tidak terbatas waktu, walaupun lebih baik dimulai di usia muda, namun yang tua tidak menutup kemungkinan bisa sukses meniti karier sebagai pengusaha.

"Asal ada motivasi kuat, mampu beradaptasi serta memiliki kepekaan dan sosial skill," tuturnya.

Dari paparan tersebut, dirinya berkomitmen untuk menumbuhkan enterpreneur-enterpreneur muda, sejak ia menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur beberapa tahun yang lalu.

Komitmen tersebut dilanjutkan hingga saat ini, di saat telah menjabat sebagai Ketua Kadin kota Surabaya dengan terus menginspirasi mahasiswa untuk menjadi seorang enterpreneur muda yang sukses.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement