Jumat 13 Oct 2023 05:07 WIB

BOSF Gandeng Sandi Sambut Puncak Bonus Demografi 2030

Sandi menjadi distinguished fellow BOSF untuk periode Oktober 2023-Februari 2024.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menjadi distinguished fellow BOSF periode Oktober 2023-Februari 2024.
Foto: Republika.co.id
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menjadi distinguished fellow BOSF periode Oktober 2023-Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Blue Ocean Strategy Fellowship (BOSF) mengumumkan kerja sama terbarunya dengan menggandeng tokoh nasional Sandiaga Salahuddin Uno sebagai distinguished fellow. Langkah itu dilakukan BOSF setelah sukses sebelumnya dangan fellowship bersama M Ridwan Kamil.

Sebagai distinguished fellow untuk periode Oktober 2023-Februari 2024, Sandiaga akan berfokus terhadap isu ekonomi yang inovatif dengan konsep yang dikenal dengan Sandinomics. Dia ingin mendorong kesejahteraan melalui dua pilar utama, yaitu menjaga stabilitas harga dan menciptakan lapangan kerja dalam skala luas.

Sandi mengatakan, stabilitas harga adalah kunci untuk menciptakan ekonomi yang sehat. Hal itu menjadi semakin krusial, sebab Indonesia akan menyambut puncak bonus demografi pada 2030. Capaian itulah yang ingin dijawab dari visi ekonomi Sandi untuk Indonesia.

"Bila tidak dipersiapkan rencana lapangan pekerjaan dari sekarang, bonus demografi sebaliknya akan menjadi beban atau liabilitas. Dengan latar belakang saya sebagai entrepreneur, saya memastikan apa yang saya kerjakan di sektor publik selalu data driven agar segala sesuatunya terukur," kata Sandi saat menghadiri keynote lecture 'BOSF for the Study of Public; di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2023).

Sandi mengaku, konsisten membangun sinergi dengan kementerian dan lembaga terkait, juga aktif melibatkan sektor privat secara aktif untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui dua pilar. Salah satu prestasi yang ditorehkannya adalah saat bulan suci Ramadhan 2018, ketika masih menjabat wakil gubernur DKI.

Kala itu, Sandi menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, yang sukses menciptakan stabilitas harga pangan. Kolaborasi tersebut berdampak pada inflasi bulanan terkendali yang terefleksikan di tingkat inflasi terendah di Jakarta dalam lima tahun.

Sejak dilantik menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf) pada akhir Desember 2020, Sandi berhasil meningkatkan angkatan kerja pariwisata hingga 22,89 juta orang. Pun sektor ekonomi kreatif mempekerjakan angkat kerja dengan jumlah 23,98 juta orang pada 2022.

Di bawah kepemimpinan Sandi Uno, devisa pariwisata pada tahun 2022 berhasil tumbuh hingga sekitar Rp 94 miliar. Di tahun yang sama, sektor ekonomi kreatif berhasil mencapai nilai tambah sebesar Rp 1.280 triliun.

President of Sampoerna University Dr Marshall Schott merasa bangga atas kesempatan kolaborasi dalam inisiatif bersama BOSF. Dia menyebut, kemitraan merupakan kolaborasi strategis guna memformulasikan pendekatan yang inovatif dalam permasalahan ekonomi di Indonesia. "Pak Sandi adalah seseorang yang berpikiran maju, inovatif, dan berfokus pada solusi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement