Kamis 12 Oct 2023 12:38 WIB

BMKG Deteksi 171 Titik Panas di Kaltim, Semua Pihak Diminta Waspada

Sebanyak 171 titik panas ini tersebar di tujuh kabupaten di Kaltim.

Api membakar hutan dan lahan di Kalimantan (ilustrasi). BMKG mendeteksi 171 titik panas tersebar di Kalimantan Timur (Kaltim).
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Api membakar hutan dan lahan di Kalimantan (ilustrasi). BMKG mendeteksi 171 titik panas tersebar di Kalimantan Timur (Kaltim).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sebanyak 171 titik panas yang tersebar pada tujuh kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (KaltIm). Untuk itu, semua pihak diminta waspada dan saling menjaga.

"Sebanyak 171 titik panas ini terdeteksi sepanjang Rabu kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Stasiun Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, yakni dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya. Ia mengimbau semua pihak saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan di lahan yang kering, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi penyebaran karhutla.

Sebaran titik panas tersebut telah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut. Sehari sebelumnya, BMKG Balikpapan juga mendeteksi adanya 173 titik panas yang tersebar pada enam kabupaten, yakni di Paser 116, Penajam Paser Utara lima, Kutai Barat tiga, Kutai Timur empat, Kutai Kartanegara 36, dan Kabupaten Berau terdeteksi sebanyak sembilan titik.

Sedangkan 171 titik panas yang tersebar pada tujuh kabupaten sepanjang Rabu kemarin, rinciannya adalah 109 titik berada di Kabupaten Paser, satu di Penajam Paser Utara, satu di Kutai Barat, 16 di Kutai Timur, 35 di Kutai Kartanegara, tujuh di Berau, dan dua titik berada di Kabupaten Mahakam Ulu. "Sebarannya antara lain untuk 35 titik di Kabupaten Kutai Kartanegara berada pada delapan kecamatan yakni Kembang Janggut dua, Tenggarong Seberang satu, Muara Wis 17, Loa Janan tiga, Marangkayu satu, Muara Badak satu,  Muara Kaman tujuh, dan Kecamatan Kota Bangun terpantau dua titik panas," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement