Jumat 06 Oct 2023 09:35 WIB

Ini 11 Tips Persiapan Penting untuk Memasuki Dunia Kerja

Membangun jaringan adalah langkah pertama untuk persiapan di dunia kerja

Membangun jaringan adalah langkah pertama untuk persiapan di dunia kerja
Foto: dok UBSI
Membangun jaringan adalah langkah pertama untuk persiapan di dunia kerja

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Masa kuliah adalah saat yang penting untuk mempersiapkan diri Anda memasuki dunia kerja. 

Dosen sekaligus Koordinator BSI Career Center Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tasikmalaya, Dini Silvi Purnia menyatakan ada sejumlah tips bagi para mahasiswa yang ingin bersaing dengan baik ketika lulus, berikut tipsnya:

1. Bangun Jaringan

Ikuti seminar, lokakarya, dan acara sosial yang relevan dengan bidang studi Anda. Bergabunglah dengan klub atau organisasi mahasiswa sesuai minat dan karier Anda. Kemudian manfaatkan platform profesional seperti LinkedIn untuk berhubungan dengan para profesional di industri Anda.

2. Lakukan Magang

Cari peluang magang yang sesuai dengan bidang studi Anda. Magang akan memberikan pengalaman praktis dan wawasan berharga tentang dunia kerja, manfaatkan kesempatan ini untuk membangun koneksi di industri dan meningkatkan CV Anda.

3. Perkaya Pengetahuan dan Keterampilan

 Selain mata kuliah inti, pelajari keterampilan tambahan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Ambil kursus online atau ikuti pelatihan ekstrakurikuler yang meningkatkan keterampilan teknis dan interpersonal Anda.

4. Pertahankan Nilai Akademik yang Baik

Nilai akademik yang baik dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan yang baik. Jaga keseimbangan antara akademik dan pengembangan keterampilan lainnya.

5. Buat Portofolio

Buat portofolio yang mencakup proyek-proyek penting, makalah, atau pencapaian selama kuliah. Portofolio membantu Anda mengilustrasikan kemampuan kepada calon majikan.

6. Cari Mentoring

Temukan mentor di dalam atau di luar kampus yang memberikan nasihat dan panduan karier. Mentor membantu Anda merencanakan langkah selanjutnya dalam karier Anda.

7. Siapkan Diri untuk Wawancara

Latih diri dalam wawancara kerja dengan berpartisipasi dalam simulasi wawancara atau mencari umpan balik dari mentor atau teman. Kenali perusahaan yang Anda lamar dan persiapkan pertanyaan relevan untuk wawancara.

8. Pelajari Etika Kerja

Pahami etika kerja dan norma-norma profesional dalam industri Anda dan tunjukkan sikap profesional dan etis dalam segala situasi.

9. Kuasai Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik penting. Latih pula kemampuan berbicara, menulis, dan presentasi. Jangan lupa belajar mendengarkan dengan baik.

10. Berwirausaha

Pertimbangkan mengembangkan keterampilan wirausaha jika Anda bermimpi memiliki bisnis sendiri. Ikuti kursus atau pelatihan yang relevan.

11. Selalu Belajar

Dunia kerja terus berubah, selalu berusaha untuk terus belajar dan berkembang sesuai dengan perkembangan industri Anda.

Ingatlah bahwa persiapan untuk dunia kerja adalah proses yang berkelanjutan, dan investasi waktu serta usaha Anda selama masa kuliah akan memberikan hasil yang memuaskan ketika Anda melangkah ke dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement