Selasa 03 Oct 2023 21:07 WIB

Teruji di Bidang Ekonomi, Erick Thohir Masuk Kriteria Cawapres Paling Ideal

Di bawah komando Erick, BUMN semakin menunjukkan keuangan yang sehat dan transparan.

Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: @erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir disebut memilikj modal penting untuk menjadicalon wakil presiden (cawapres) 2024. Modal kuat Ketua Umum PSSI tersebut meliputi kompetensi teruji dalam soal penguatan ekonomi.

Pengamat politik Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Silvanus Alvin menyampaikan, menilik sejumlah wakil presiden sebelum saat ini, banyak yang merupakan sosok mahir ekonomi. Latar belakang Erick sebagai pelaku usaha tidak lagi diragukan makin menjadi figur cawapres ideal.

"Selama ini kriteria cawapres atau wapres di indonesia adalah tokoh yang mumpuni di bidang ekonomi," kata Alvin di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Terbukti di bawah komando Erick kini BUMN semakin menunjukkan keuangan yang sehat dan transparan. Kebijakan transformasi yang digencarkan Erick sukses menghadirkan berbagai pencapaian sangat besar.

Transformasi gemilang BUMN di bawah racikan Erick berhasil meningkatkan pendapatan BUMN secara sangat signifikan. Kerja positif Erick menambah kenaikan laba BUMN hingga Rp 303,7 triliun serta dividen untuk negara mencapai Rp 80 triliun.

Selain itu, Erick juga mempunyai rekam jejak sangat cemerlang tercatat baik di sejumlah bidang usaha hingga luar negeri. Meliputi, industri hiburan televisi, media cetak, hingga sektor olahraga. "Beliau (Erick Thohir) seorang pengusaha ternama di Indonesia," kata Alvin.

Anggota kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) tersebut juga menorehkan tinta emas perjalanan kepemimpinan sampai ke tingkat internasional di bidang olahraga. Di antaranya, dengan menjadi presiden Inter Milan sampai klub NBA Philadelphia 76ers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement