Senin 02 Oct 2023 14:48 WIB

Wings Air Gagal Mendarat di Bandara Nagan Raya Aceh

Penumpang tujuan Nagan Raya akan kembali diberangkatkan pada keesokan hari.

Pesawat penumpang berjadwal Wings Air tujuan Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh, gagal mendarat dan terpaksa kembali ke Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Pesawat penumpang berjadwal Wings Air tujuan Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh, gagal mendarat dan terpaksa kembali ke Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pesawat penumpang berjadwal Wings Air tujuan Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh, gagal mendarat dan terpaksa kembali ke Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara, pada Senin (2/10/2023) siang. Pesawat terpaksa putar balik akibat cuaca buruk.

“Pesawat terpaksa kembali ke Kualanamu karena jarak pandang di landasan pacu sangat rendah, yakni sekitar 500 meter, sehingga membahayakan keselamatan penumpang,” kata Airport Manager Wings Air Meulaboh, Andi Siswanto, di Nagan Raya, Senin.

Baca Juga

Ia menyebutkan, keputusan kembalinya pesawat udara ke Sumatra Utara setelah pilot yang menerbangkan pesawat, memastikan tidak bisa mendaratkan pesawat udara karena alasan keselamatan penumpang karena lebatnya guyuran hujan.

Andi menjelaskan, jumlah penumpang pesawat udara dari Kualanamu, Sumatra Utara menuju ke Nagan Raya, Aceh berjumlah sekitar 55 orang. “Pesawat Wings Air sudah berada kembali di Kualanamu dan semua penumpang dalam kondisi selamat,” katanya menambahkan.

Sesuai jadwal penerbangan, pesawat Wings Air tujuan ke Nagan Raya tersebut berangkat dari Kualanamu, Sumatra Utara, sekira pukul 08.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Nagan Raya sekira pukul 09.55 WIB. Namun, pada pukul 09.30 WIB pilot memutuskan untuk kembali ke Bandara asal, karena jarak pandang di landasan pacu di Nagan Raya sangat tidak memungkinkan dilakukan pendaratan.

Andi Siswanto menjelaskan, 55 penumpang yang saat ini berada di Bandara Kualanamu, Sumatra Utara, akan diterbangkan kembali ke Nagan Raya, Aceh, pada Selasa (3/10/2023) pagi sekira pukul 07.00 WIB. Sedangkan, 72 penumpang dari Nagan Raya, Aceh, juga akan diberangkatkan pada Selasa besok sekira pukul 08.00 WIB pagi dengan pesawat yang sama.

Sementara itu, prakirawati Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, Almira Aprilianti yang dikonfirmasi terpisah membenarkan pesawat Wings Air tujuan Nagan Raya dari Kualanamu, Sumatra Utara, gagal mendarat karena cuaca buruk akibat guyuran hujan lebat.

“Pesawat gagal mendarat karena jarak pandang yang terbatas sekitar 500 meter sehingga pilot memutuskan untuk kembali ke bandara keberangkatan,” kata Almira Aprilianti.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement