Ahad 01 Oct 2023 08:36 WIB

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Jokowi dan Maruf Amin menyempatkan mengunjungi sumur lubang buaya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden Joko Widodo menghadiri apel akbar Kokam Muhammadiyah.
Foto: Setpres RI
Presiden Joko Widodo menghadiri apel akbar Kokam Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur, Ahad (1/10/2023). Upacara berlangsung pada pukul 07:55 WIB.

Presiden Jokowi yang mengenakan jas berwarna hitam masuk ke panggung upacara didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Upacara ini turut dihadiri Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin.

Baca Juga

Selain itu tampak hadir sejumlah menteri, di antaranya yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mendikbudristek Nadiem Makarim, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemudian tampak pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Upacara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dan mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa, utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Dalam upacara ini, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila. Sedangkan, naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Usai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin kemudian meninjau sumur lubang buaya dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement