Rabu 27 Sep 2023 15:56 WIB

Pos Indonesia Dinilai Unggul dalam Transformasi Bisnis

Inovasi terbaru akan terus dilakukan oleh PT Pos Indonesia untuk dapat beradaptasi.

Pos Indonesia menerima penghargaan dalam ajang Prominent Award 2023.
Foto: dok. Republika
Pos Indonesia menerima penghargaan dalam ajang Prominent Award 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pos Indonesia (Persero) terus menorehkan berbagai prestasi berkat langkah transformasi yang dilakukan perseroan. Terbaru, Pos Indonesia menerima penghargaan dalam ajang Prominent Award 2023.

Pada ajang tersebut, Pos Indonesia dinobatkan sebagai kategori The Most Prominent State-Owned Company In Business Process Transformation. Penghargaan tersebut diterima Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta di Studio Grand Metro TV, Jakarta, akhir pekan ini.

"Alhamdulillah, kita meraih award ini. Keren sekali acaranya. Memang meraih penghargaan ini tidak mudah. Kami berjuang terutama dalam dua tahun terakhir, dengan hantaman covid-19 dan sebagainya, kita bisa survive. Terutama kami melakukan transformasi dengan menghasilkan net income terbesar selama berdirinya PT Pos Indonesia," ujar Tata dalam rilisnya yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/9/2023).

"Jadi sekali lagi, terima kasih kepada Metro TV dan penyelenggara Prominent Award tahun ini. Kami tunggu Prominent Award tahun depan," imbuhnya.

Pos Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut lantaran transformasi yang dilakukan sehingga membuat bisnis perseroan terus berkembang. Pos Indonesia mencatatkan laba bersih terbesar sepanjang sejarah berdirinya, sebesar Rp 650 miliar pada tahun buku 2022. Asetnya naik 15,1 persen menjadi Rp 11,149 triliun dan EBITDA naik 12 persen dibandingkan tahun 2021.

"Transformasi yang dilakukan pertama adalah transformasi dilakukan dalam proses bisnis. Kuncinya digitalisasi. Dengan digitalisasi ini semua proses dilakukan secara digital, terukur, dan governence. Semuanya menghasilkan hasil yang pertama meningkatkan kinerja keuangan dan juga tentu saja meningkatkan bisnisnya," kata Tata.

Menurutnya, banyak transformasi yang dilakukan. Terutama yang paling banyak adalah di transformasi SDM dan human capital. "Karena transformasi SDM dan human capital ini, Pos Indonesia memiliki kurang lebih 30 ribu head account di seluruh Indonesia," katanya.

Ke depan, inovasi-inovasi terbaru akan terus dilakukan oleh PT Pos Indonesia untuk dapat beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua di Indonesia, PT Pos Indonesia sadar harus terus berinovasi untuk dapat bertahan dalam era digital seperti yang terjadi saat ini. Pada tahun 2020, PT Pos Indonesia yang bergerak dalam layanan logistik ini, menerapkan tujuh transformasi usaha di antaranya business transformation, product and channel transformation, transformation process, technology transformation, human resource transformation, organization transformation, dan culture transformation.

Salah satu langkah yang menjadi andalan PT Pos Indonesia saat ini adalah superapp Pospay. Sebuah aplikasi yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat, akan layanan jasa keuangan yang cepat, dan aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement