Selasa 26 Sep 2023 11:25 WIB

NSC Bagikan Tips Kembangkan Bisnis Startup Bagi Mahasiswa

NSC jadi garda terdepan dalam memfasilitasi mahasiswa kembangkan bisnis startup

Nusa Mandiri Startup Center (NSC) sebagai lembaga pengembangan bisnis startup di bawah naungan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), berbagi tips berharga untuk membantu mahasiswa meraih kesuksesan dalam pengembangan bisnis startup.
Foto: dok UNM
Nusa Mandiri Startup Center (NSC) sebagai lembaga pengembangan bisnis startup di bawah naungan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), berbagi tips berharga untuk membantu mahasiswa meraih kesuksesan dalam pengembangan bisnis startup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nusa Mandiri Startup Center (NSC) sebagai lembaga pengembangan bisnis startup di bawah naungan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), berbagi tips berharga untuk membantu mahasiswa meraih kesuksesan dalam pengembangan bisnis startup. Dengan komitmen untuk mendukung perkembangan ekosistem startup di kalangan mahasiswa UNM, NSC menghadirkan panduan praktis ini sebagai sumber inspirasi dan bimbingan.

Ketua NSC, Siti Nurlela berbagi tips kembangkan bisnis startup bagi mahasiswa. Ia menyampaikan NSC telah menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi inovasi dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa Kampus Digital Bisnis ini.

"Perkembangan startup di Indonesia sangat pesat. Terkadang banyak dari ekosistem startup yang bermunculan berasal dari kelompok mahasiswa dalam membuat sebuah proyek atau individu. Jadi di kampus UNM, kita juga bina mahasiswa untuk membangun perusahaan startupnya sendiri," ungkap Ela, sapaan akrabnya.

Berikut tips yang akan membantu mahasiswa untuk memulai dan mengembangkan bisnis startup dengan sukses:

Mendidik Diri Sendiri

Lakukan riset mendalam tentang industri dan pasar yang diminati. Pemahaman yang kuat jadi kunci untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang berharga.

Mengidentifikasi Masalah

Bisnis startup yang berhasil adalah yang mampu mengatasi masalah nyata. Temukan masalah yang belum terpecahkan di pasar dan fokus pada solusinya.

Cari Feedback

Jangan ragu untuk berbicara dengan calon pelanggan atau audiens target. Umpan balik jadi bahan bakar untuk perbaikan.

Temukan Tim yang Tepat

Jika memungkinkan, temukan rekan kerja yang memiliki keterampilan dan visi yang sesuai dengan proyek startup Anda.

Rencanakan dengan Baik

Buat rencana bisnis yang komprehensif mencakup visi, tujuan, strategi, dan proyeksi keuangan.

Inovasi Berkelanjutan

Jangan berhenti dengan satu ide. Bisnis startup yang sukses terus berinovasi untuk tetap relevan di pasar yang berubah cepat.

Networking

Bergabunglah dengan komunitas startup dan hadiri acara industri, sebab jaringan dapat membawa peluang yang tak terduga.

Manajemen Keuangan yang Bijak

Pelajari cara mengelola dana dengan cermat. Pantau anggaran dan cari pendanaan jika diperlukan.

Mentalitas Tangguh

Persiapan mental yang kuat jadi kunci untuk menghadapi tantangan dalam dunia startup. Keberhasilan mungkin memerlukan perjuangan dan ketekunan.

Evaluasi dan Adaptasi

Terus evaluasi kinerja bisnis. Jika ada masalah, jangan takut untuk melakukan perubahan dan penyesuaian.

"Kami, melalui NSC berkomitmen untuk memberikan dukungan maksimal pada mahasiswa kami dalam perjalanan mereka menuju keberhasilan dalam dunia bisnis startup,” katanya. 

Ia menambahkan, semoga tips ini jadi langkah awal yang baik dalam mengembangkan pemahaman dasar yang diperlukan untuk memulai dan mengelola startup yang sukses.

“Untuk informasi lebih lanjut tentang NSC dan program-programnya, kunjungi situs web resmi NSC ( https://nsc.nusamandiri.ac.id/),” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement