Selasa 26 Sep 2023 06:26 WIB

Telkom Bawa UKM Binaan Ikuti China-ASEAN Expo

Telkom menampilkan sejumlah UKM unggulan binaannya.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
Foto: Telkom Group
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk membawa tiga produk usaha mikro kecil (UMK) binaannya pada kegiatan China-ASEAN Expo di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICE) di Kota Nanning, Guangxi, Cina, beberapa waktu lalu. Acara tersebut turut dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir yang berkesempatan memberikan pesan mengenai penguatan komitmen Kementerian BUMN untuk membawa UMKM menembus pasar global.

"Acara China-ASEAN Expo ini merupakan pameran hasil kesepakatan pada KTT Cina ASEAN ke-7 di Oktober 2003 yang turut menjadi wadah kerja sama antara Cina dan negara-negara di ASEAN dalam bidang perdagangan, investasi, dan juga wisata," ujar SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/9/2023).

Baca Juga

Hery menyampaikan, Telkom menampilkan sejumlah UMK unggulan binaannya yaitu ROTB Bali, Radalexo Bali, serta Soko Craft dari Pekalongan. Melalui kegiatan ini, Telkom berupaya menyediakan wadah bagi para UKM binaannya untuk mulai mengenal wilayah pengembangan usaha yang lebih luas dan menjanjikan bagi masa depan UKM.

Hery mengatakan dukungan Telkom ini merupakan salah satu wujud komitmen untuk mencapai tujuan SDGs poin 8 yang memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi yang baik. Salah satunya dengan meningkatkan level UMKM di Indonesia dengan kegiatan ekspor produk ke luar negeri. 

"Hal ini sekaligus bentuk kepedulian Telkom dalam membangun kemajuan UMKM untuk bisa mencapai kancah global," ucap Hery. 

Selain itu, lanjut Hery, Telkom turut memberikan pembinaan berupa edukasi mengenai pentingnya memahami digitalisasi sebagai langkah awal para pelaku usaha beradaptasi dengan perkembangan globalisasi yang terus berlangsung hingga saat ini. Telkom juga memberikan upaya lainnya berupa pengadaan sertifikasi bagi para pelaku usaha hingga pembekalan setiap pelaku UMKM untuk dapat berkembang luas ke kancah global.

"Sejalan dengan fokus Telkom yang menyasar segmen B2B, Telkom senantiasa mendukung UKM Indonesia untuk masuk ke kancah global dan memperluas pasarnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Harapannya acara ini dapat menjadi motivasi bagi para pelaku UKM untuk terus berkembang maju," kata Hery.

Pemilik UKM Radalexo Ni Putu Radhani Sanjigandewi berharap dapat ikut berpartisipasi pameran-pameran UKM lainnya di dalam maupun luar negeri ke depan.

"Pameran seperti ini menurut saya sangat bagus selain mengenalkan produk UKM lokal tapi juga menambah semangat bagi para pelaku UKM untuk bekerja, berkreativitas, serta berkompetisi dengan pelaku UKM lain," kata Putu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement