Selasa 26 Sep 2023 05:54 WIB

DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2023

Scarlett Caithlyn Rinaldo asal Surabaya senang bisa dapa dua medali emas cabor senam.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mempromosikan olahraga, termasuk ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2023 yang diikuti anak-anak sekolah.
Foto: istimewa
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mempromosikan olahraga, termasuk ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2023 yang diikuti anak-anak sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Provinsi DKI Jakarta menjadi juara umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2023. Provinsi DKI berhasil menjadi juara umum dengan raihan 16 medali emas, 14 medali perak, dan 13 medali perunggu.

"Alhamdulillah kita sudah bisa melaksanakan O2SN secara luring. Adik-adik dapat bertemu dan bertanding langsung. Mudah-mudahan adik-adik semua dapat terus berprestasi," kata Sekjen Kemendikbudristek Suharti dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Suharti pun mengajak seluruh atlet muda yang hadir untuk terus mengembangkan bakat, minat, dan prestasinya dalam bidang olahraga. Dia pun meminta para generasi penerus bangsa itu untuk menjaga prestasi sengan latihan, disiplin, dan berdoa. "Gali terus potensi untuk mencapai puncak prestasi," tuturnya.

Dalam laporannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Hendarman, menyampaikan, O2SN 2023 diikuti sebanyak 1.573 siswa. Hal itu terdiri dari 376 siswa SD/MI, 317 siswa SMP/MTs, 343 siswa SMA/MA, 305 siswa SMK, dan 232 peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).

"Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik. Para peserta dengan penuh antusias menunjukkan kemampuannya, pantang menyerah, mencoba menguji dirinya, serta berlomba dengan sportivitas dan fairplay," ujar Hendarman.

Dia mengaku, bangga dan berterima kasih kepada orang tua, guru, dan kepala sekolah yang hadir menyaksikan berbagai pertandingan. Apresiasi dan terima kasih juga dia sampaikan kepada wasit, juri, dan perangkat pertandingan.

"Terima kasih juga kepada dinas pendidikan, pembina, pendamping, serta seluruh pihak atas dukungan positifnya mengasuh dan mengasah bibit-bibit unggul talenta kita," ucapnya.

Terdapat sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan pada O2SN 2023. Untuk jenjang SD/MI, ada cabang olahraga senam, atletik, bulutangkis, renang, karate, dan pencak silat. Untuk SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK, terdapat cabang olahraga atletik, bulutangkis, renang, karate, dan pencak silat.

Sementara itu, untuk PDBK, ada catur, tenis meja, bocce, atletik, dan bulutangkis. Scarlett Caithlyn Rinaldo, siswa SD Santo Carolus, Surabaya yang meraih dua medali emas cabang olahraga (cabor) senam di nomor balok keseimbangan putri dan serba bisa putri, merasa bangga karena berhasil menorehkan prestasi di O2SN 2023.

"Senang banget karena saya suka senam sejak kelas 1 SD. Awalnya main-main tetapi lama-lama jadi suka. Sekarang bisa raih dua  medali emas di O2SN," ujar Scarlett yang ingin menjadi atlet senam pada masa depan itu.

Pada pelaksanaannya secara luring, O2SN dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Bogor untuk O2SN PDBK yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 September 2023 dan jenjang SMA/MA dan SMK pada tanggal 10-16 September 2023. Untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs diselenggarakan pada tanggal 18-24 September 2023 di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement