Rabu 20 Sep 2023 15:09 WIB

Lintasarta Bangun Network Operation Center Baru di Karawang

Diperlukan simpul interkoneksi baru di bagian timur.

Lintasarta melakukan groundbreaking pembangunan Network Operation Center (NOC) terbaru di Karawang, Jawa Barat.
Foto: .
Lintasarta melakukan groundbreaking pembangunan Network Operation Center (NOC) terbaru di Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lintasarta melakukan groundbreaking pembangunan Network Operation Center (NOC) terbaru di Karawang, Jawa Barat. Pembangunan NOC baru untuk modernisasi pusat operasi jaringan demi memenuhi tingginya kebutuhan jaringan dari kawasan industri baru, serta meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan dan customer experience secara keseluruhan.

Peresmian dihadiri Dewan Direksi Lintasarta, tim internal perusahaan, serta tim kontraktor pelaksana. Corporate Service Director Lintasarta, Hariyadi Ramelan, mengungkapkan NOC Karawang didirikan di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi. Bangunan terdiri dari gedung utama NOC setinggi 3 lantai, power house, radio room, dan antena satelit VSAT. 

Bersama dengan NOC, Lintasarta juga membangun masjid dua lantai untuk meningkatkan kebersamaan antarkaryawan. "NOC ini akan menjadi pusat kendali utama untuk memantau, mengelola, dan mendukung jaringan Lintasarta yang luas dan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung berbagai sektor industri,” tutur dia.

Dengan proyeksi bertambahnya 21 juta pengguna internet baru, termasuk dari pasar B2B pada 2027, permintaan layanan konektivitas data akan turut meningkat pesat. "Pembangunan ini sekaligus menunjukkan komitmen Lintasarta dalam menyiapkan kebutuhan pelanggan tidak hanya di masa kini, tetapi juga di masa mendatang," katanya menambahkan. 

Selain itu, seiring perkembangan coverage fiber optic Lintasarta yang membentuk struktur ring Jawa, diperlukan simpul interkoneksi baru di bagian timur. Hal ini untuk meningkatkan pembekuan routing dan kontingensi trafik pada saat terjadi gangguan. 

Menurut Hariyadi perkembangan pesat di kawasan Indonesia timur dengan tumbuhnya beberapa kawasan industri baru menjadi pasar potensial bagi perseroan. "Dari pertimbangan itu, Lintasarta melakukan moderninasi NOC dalam bentuk pembangunan NOC baru di antara Cikarang hingga Karawang Timur," ungkapnya.

Lintasarta menyediakan layanan pengelolaan NOC sebagai bagian dari jasa Managed Service IT Operation. NOC akan dapat memberikan paling tidak tiga manfaat untuk suatu perusahaan, yaitu identifikasi masalah jaringan dengan lebih cepat, downtime minimal, dan terjaminnya kelangsungan proses bisnis. 

Hal ini dimungkinkan dengan pemantauan yang terus-menerus dilakukan oleh staf NOC sehingga setiap masalah terkait jaringan dapat ditemukan dan segera diselesaikan. Perusahaan yang ingin berfokus pada industri utamanya atau belum memiliki resources untuk membangun NOC sendiri dapat menyerahkan pemantauan jaringannya ke jasa managed service seperti di Lintasarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement