Selasa 19 Sep 2023 11:23 WIB

Tips Jalani Awal Perkuliahan Bagi Mahasiswa Baru

Awal kuliah menjadi langkah besar dalam perjalanan pendidikan dan perkembangan karier

Bagi Universitas BSI awal kuliah menjadi langkah penting dalam menapaki tangga perjuangan baru menuju masa depan.
Foto: dok Universitas BSI
Bagi Universitas BSI awal kuliah menjadi langkah penting dalam menapaki tangga perjuangan baru menuju masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Perkuliahan tahun ajaran baru harus diawali dengan semangat yang baru pula, banyak pelajar yang melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi dengan harapan yang tinggi pula.

Awal kuliah menjadi langkah besar dalam perjalanan pendidikan dan perkembangan karier mereka nantinya. Namun, sebagai mahasiswa baru tidak sedikit yang masih bingung dalam menentukan langkah awal perkuliahannya.

Menurut Sugiono selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Bogor mengatakan, awal kuliah menjadi langkah penting dalam menapaki tangga perjuangan baru menuju masa depan.

“Di awal kuliah dengan semangat yang masih membara ini, tentu menjadi awal yang baik untuk menyusun rencana dan strategi saat menimba ilmu pengetahuan,” tuturnya. 

Berikut beberapa tips untuk mahasiswa baru saat memulai kuliah:

Atur Harapan

Pahami bahwa peran sebagai mahasiswa baru membawa tantangan baru. Bersiaplah untuk menghadapi perubahan lingkungan, tuntutan akademik yang lebih tinggi, dan pengalaman baru.

Kenali Lingkungan Kampus

Kenali lokasi gedung perkuliahan, perpustakaan, sarana ibadah dan fasilitas lainnya di kampus. Ini akan membantu kamu merasa lebih nyaman dan percaya diri.

Ikuti Orientasi Mahasiswa Baru

Pastikan mengikuti kegiatan orientasi akademik atau ORMIK yang diselenggarakan kampus. Ini akan membantu kamu memahami lebih baik tentang kampus, fasilitas dan dosen-dosen serta staf di kampus.

Buat Rencana Studi

Pelajari program studi kamu dan buat rencana studi serta targetkan bidang-bidang yang ingin dikuasai nantinya hal ini akan membantu lebih fokus pada studi dan keilmuan serta menghindari kebingungan dalam belajar sehingga tidak memiliki fokus keilmuan pada saat lulus nantinya.

Manfaatkan Sumber Daya Akademik

Manfaatkan sumber daya akademik yang tersedia di kampus, seperti perpustakaan, laboratorium, dan pusat bantuan akademik.

Bangun Kebiasaan Belajar yang Baik

Mulailah dengan kebiasaan belajar yang baik sejak awal. Tetapkan jadwal belajar yang konsisten, hindari menunda-nunda tugas, dan cari lingkungan yang tenang untuk belajar.

Jalin Hubungan Sosial

Cobalah untuk berkenalan dengan teman sekelas dan mahasiswa lain. Jalin hubungan sosial yang positif karena ini akan memperkaya relasi dan pengalaman kampus.

Bergabung dalam Organisasi atau Himpunan

Masuk organisasi mahasiswa atau himpunan yang sesuai dengan minat maupun studi. Dengan bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu membangun koneksi dan keterampilan di luar kelas.

Mengelola Waktu dengan Baik

Belajarlah untuk mengatur waktu dengan efektif antara kuliah, belajar, istirahat, dan aktivitas sosial. Ini akan membantu menjaga keseimbangan dalam kehidupan kampus.

Bertanya jika Tidak Tahu

Jangan ragu untuk bertanya kepada dosen, karyawan atau teman jika tidak memahami suatu materi atau konsep. Mengajukan pertanyaan adalah cara efektif untuk memahami dengan lebih baik.

Cari Bantuan Jika Diperlukan

Jika mengalami kesulitan akademik atau pribadi, jangan ragu untuk mencari bantuan dari dosen, konselor, atau pembimbing akademik.

Jaga Keseimbangan Emosi dan Kesehatan

Tetap jaga keseimbangan antara tugas akademik dan kesehatan mental. Luangkan waktu untuk beristirahat, berolahraga, dan menjalani hobi.

Tetap Terbuka untuk Pembelajaran

Jadilah siswa yang terbuka untuk belajar dari berbagai sudut pandang dan pengalaman. Universitas adalah tempat untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia.

Tetapkan Tujuan dan Pantau Kemajuan

Tetapkan tujuan akademik dan pribadi yang ingin dicapai selama masa kuliah.

Nikmati Perjalanan

Akhirnya, nikmati setiap momen dalam perjalanan kuliah. Ini adalah peluang unik untuk tumbuh, belajar, dan menyalurkan hobi.

Senantiasa arsipkan Dokumen

Selama menempuh perkuliahan pastinya akan banyak dokumen-dokumen yang dihasilkan seperti hasil ujian, laporan nilai, struk pembayaran dan dokumen lainnya. Selama masih menjadi mahasiswa pastikan semua dokumen tersebut tersimpan dengan baik dan rapih sebagai bukti apabila diperlukan nantinya. Itu juga bisa jadi portofolio setelah lulus agar cepat dapat kerja yang sesuai.

Sugiono menyampaikan masa kuliah merupakan masa yang menyenangkan. Namun ingatlah bahwa adaptasi mungkin memerlukan waktu, jadi bersabarlah dengan diri sendiri saat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan selalu fokus pada target studi yang akan diselesaikan.

“Semoga dengan tips ini, mampu mengantarkan kamu pada langkah awal yang baik menuju sukses di masa depan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement