Selasa 12 Sep 2023 20:08 WIB

Ironi Damkar Tasikmalaya: Atasi Berbagai Macam Laporan, Tapi Bermarkas di Depo Ikan

Markas damkar idealnya memiliki barak sebagai tempat istirahat para petugas

Kondisi markas pemadam kebakaran Kota Tasikmalaya yang menempati Depo Ikan di Jalan Letnan Harun, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya.
Foto:

Berdasarkan pantauan Republika, di tempat istirahat itu terdapat kasur yang biasa digunakan untuk tempat tidur petugas ketika piket malam. Selain itu, terdapat juga kompor yang biasa digunakan untuk memasak.

Boedi mengatakan, terdapat 46 personel yang bertugas di Damkar Kota Tasikmalaya. Dari 46 personel itu, terdapat tiga regu piket yang harus siaga secara bergantian selama 24 jam.

"Setiap regu piket itu ada 11-12 orang. Kalau lagi piket malam, sebagian tidurnya di luar," kata dia.

Ia mengakui, terdapat dua ruangan tertutup yang dapat digunakan oleh Damkar Kota Tasikmalaya untuk dijadikan markas. Namun, dua ruangan itu hanya bisa dijadikan tempat penyimpanan arsip atau dokumen dan tempat menerima tamu atau istirahat sebagian personel.

photo
Kondisi markas pemadam kebakaran Kota Tasikmalaya yang menempati Depo Ikan di Jalan Letnan Harun, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. - (Republika/ Bayu Adji P)

 

Boedi menambahkan, bukan hanya kondisi kantor yang tidak representatif, peralatan pemadam yang ada juga masih kurang ideal. Menurut dia, dari total lima unit kendaraan damkar yang ada, hanya dua unit yang masih berfungsi optimal.

"Tiga kendaraan lainnya sudah tidak layak operasi. Meski begitu, kami tetap semangat menjalankan tugas. Setiap laporan, kami tangani. Bahkan hal yang di luar kasus kebakaran," kata dia.

Atas kondisi itu, ia berharap Damkar Kota Tasikmalaya dapat memiliki kantor dan peralatan yang representatif ke depannya. Dengan kantor dan peralatan yang representatif, kinerja para petugas tentu akan meningkat.

 

"Mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi," ujar Boedi. 

photo
Kondisi markas pemadam kebakaran Kota Tasikmalaya yang menempati Depo Ikan di Jalan Letnan Harun, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. - (Republika/ Bayu Adji P)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement