Ahad 10 Sep 2023 00:20 WIB

Erick Thohir Sebut Timnas U-23 Sebagai Generasi Emas Sepak Bola Indonesia

Bukan tidak mungkin timnas U-23 saat ini bisa berlaga di Olimpiade.

Rep: Reja Irfa Wdodo/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Indonesia U-23.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Para pemain timnas Indonesia U-23.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 memetik hasil memuaskan dalam langkah pertama di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda sukses mencukur China Taipei, 9-0, dalam laga kedua penyisihan Grup K di Stadion Manahan, Soo, Sabtu (9/9/2023) malam.

Tim besutan Shin Tae-yong tersebut tampil begitu dominan. Membuka keunggulan via gol tendangan bebas Marselo Ferdinan pada menit kedua laga, Indonesia U-23 terus menekan pertahanan tim tuan rumah. Gol demi gol pun mampu diciptakan Garuda Muda.

Baca Juga

Selain Ferdinan yang mencetak dua gol, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ilham Rio, Hokky Caraka, Elkan Baggott, dan Pratama Arhan masing-masing menyumbang satu gol pada laga ini. Kemenangan ini sekaligus tercatat sebagai kemenangan terbesar timnas Indonesia U-23 sejak 2001 silam.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai timnas U-23 saat ini merupakan tim yang sudah dipersiapkan untuk masa depan. Rizky Ridho dan kawan-kawan sempat menjalani berbagai latihan, termasuk saat terlibat dalam persiapan tampil di Piala Dunia U-20 dan sejumlah turnamen internasional.

Sosok yang juga menjabat Menteri BUMN itu pun tidak ragu menyebut timnas Indonesia U-23 saat ini sebagai generasi emas sepak bola Indonesia pada masa mendatang. Bahkan, bukan tidak mungkin, tim yang bermaterikan pemain-pemain seperti Marselo Ferdinan, Ivar Jerrer, Ramadhan Sananta, dan Rizky Ridho, ini bisa menjadi timnas Indonesia pertama yang tampil di Olimpiade.

"Ini adalah generasi emas kita yang harus kita pupuk. Supaya, siapa tahu, apabila nanti bermain baik lagi pada tanggal 12, masuk ke kejuaraan Asia, AFC, bisa baik lagi. Ini juga bisa menjadi tim Olimpiade pertama kita,'' ujar Erick usai menyaksikan laga Indonesia U-23 kontra China Taipei.

Mantan Presiden Inter Milan itu merujuk pada laga penentuan pemegang tiket ke putaran final Piala Asia U-23 sebagai juara Grup K, yang digelar pada Selasa (12/9/2023) di Stadion Manahan, Solo. Di laga itu, Indonesia U-23 akan berduel dengan Turkmenistan U-23 pada laga pamungkas penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-24 2023.

Indonesia U-23 hanya membutuhkan hasil minimal seri di laga tersebut untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, yang bakal digelar di Qatar pada April hingga Mei 2024 mendatang. Meski sama-sama telah mengoleksi tiga poin, Indonesia unggul jumlah produktivitas gol atas Turkmenistan, yang mengalahkan China Taipei, 4-0, di laga sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement