Selasa 05 Sep 2023 21:30 WIB

Titik Api di Sumbar Minim, Tetapi Ada Kabut Asap, Ini Penjelasannya

Kabut asap menyelimuti sejumlah wilayah di Sumatra Barat.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nora Azizah
Kabut asap meyelimuti sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Foto: ilustrasi)
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Kabut asap meyelimuti sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Stasiun Pemantau Atmosfer Global atau Global Atmosphere Watch (GAW) Bukit Kototabang, Sugeng Nugroho, mengatakan, fenomena kabut asap yang menyelimuti mayoritas wilayah Sumatra Barat disebabkan oleh kiriman partikel halus dari jauh atau dari provinsi lain. Sugeng menyebut partikel halus tersebut tidak dari wilayah Sumbar karena titik api di Sumbar terdeteksi minim.

“Fenomena ini sudah terjadi sejak dua minggu lalu. Dan itu kiriman dari jauh. Karena kalau partikelnya kasar, pergerakannya tidak akan jauh (sampai ke Sumbar),” kata Sugeng, di Padang, Selasa (5/9/2023). 

Baca Juga

Berdasarkan analisa arah angin, Sugeng menyebut partikel halus yang menyebabkan kabut asal tersebut berasal dari tenggara Sumatra Barat. Yakni dari Provinsi Sumatra Selatan, dan Jambi. Menurut Sugeng, fenomena kabut asap ini akan selesai bila sudah terjadi hujan lebat.  

“Asal ada hujan lebat, kabut asap ini akan hilang,” ujar Sugeng. 

Terpisah Forecaster BMKG Pekanbaru, Bibin S, merilis data terbaru terkait peningkatan titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera, pada Selasa (5/9/2023). Data terbaru menunjukkan bahwa pada hari ini, jumlah total titik panas di Pulau Sumatera mencapai 853, naik dari 609 titik pada tanggal 4 September 2023 dan 717 titik pada tanggal 3 September 2023.

Sedangkan distribusi titik panas paling banyak terjadi di Sumatra Selatan (Sumsel), dengan 546 titik pada tanggal 5 September 2023. Sebelumnya, pada tanggal 4 September 2023, terdapat 343 titik panas di Sumsel, dan 448 titik pada tanggal 3 September 2023.

"Hal ini menandakan peningkatan yang signifikan dalam jumlah titik panas di Sumsel," ujar Bibin.

Selain Sumsel, pada tanggal 5 September 2023 juga terdapat titik panas di berbagai wilayah Sumatera, antara lain Bengkulu 26 titik Jambi 35 titik, Lampung 89 titik, Sumatera Barat 3 titik, Kepulauan Riau 28 titik, Bangka Belitung 93 titik, Riau 33 titik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement