Selasa 05 Sep 2023 01:07 WIB

Momen Unik Ketika Wapres Bersalaman dengan Siwon Suju

Siwon hadir sebagai Duta Besar Regional untuk UNICEF Asia Timur

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Choi Siwon ditetapkan menjadi Duta Promosi Korea Selatan untuk Peringatan 50 Tahun Hubungan RI-ROK, Senin (10/4/2023).
Foto: Dok: KBRI Seoul.
Choi Siwon ditetapkan menjadi Duta Promosi Korea Selatan untuk Peringatan 50 Tahun Hubungan RI-ROK, Senin (10/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen tak biasa tertangkap kamera ketika Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin bertegur sapa dengan aktor sekaligus anggota boy band Korea Selatan (Korsel) Super Junior, Siwon Choi. Wapres memberikan keynote speech di hadapan pimpinan dan delegasi negara ASEAN pada ASEAN Business Awards 2023 dan Gala Dinner di Ballroom The Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (4/9/2023). 

Sementara Siwon hadir sebagai Duta Besar Regional untuk UNICEF Asia Timur & Pasifik di acara tersebut. Dalam siaran di saluran YouTube resmi Wapres momen tersebut terjadi usai Wapres memberikan pidatonya. 

Pembawa acara memperkenankan Wapres meninggalkan venue. Wapres Maruf Amin kemudian berdiri dan memberikan salam kepada sejumlah delegasi yang hadir.

Ketika berjalan keluar, tampak Duta Besar Indonesia untuk Korsel Gandi Sulistiyanto membawa Siwon ke hadapan Maaruf. Gandi memperkenalkan Siwon kepada Wapres Maruf Amin.

Terlihat sedikit terkejut dan tampak terpesona, Wapres bersalaman dengan Siwon. Keduanya tampak sedikit berbincang dalam sapaannya.

Dalam kesempatan memberikan pidatonya, Maruf menegaskan ASEAN harus jadi mesin pertumbuhan ekonomi dunia. Apalagi, di tengah muramnya ekonomi dunia akibat konlik, ekonomi ASEAN tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global. 

Wapres optimistis ekonomi ASEAN mampu tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global jika para pemimpin ASEAN berkomitmen untuk mengimplementasikan ekonomi hijau.

"Kita ingin menjadikan ASEAN sebagai mesin pertumbuhan ekonomi dunia yang berkelanjutan, yang menghormati kelestarian lingkungan, demi meraih masa depan yang sejahtera sekaligus menjaga keberlangsungan planet bumi dan kemanusiaan," ujarnya.

Sementara itu, Choi Siwon menyoroti pentingnya rasa saling percaya dan pemahaman dalam hubungan antarmasyarakat, yang merupakan landasan bisnis dan investasi internasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement