Sabtu 02 Sep 2023 03:03 WIB

Warga Desa Ciherang Pondok tak Lagi Kekurangan Air Bersih

Kini sudah terbangun 14 sarana air bersih yang tersebar di sejumlah titik.

Pabrik Aqua Ciherang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.
Foto: .
Pabrik Aqua Ciherang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrik Aqua Ciherang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, membantu masyarakat menyediakan kebutuhan sumber air bersih. Menggandeng Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCI), Aqua kini sudah membangun sebanyak 14 sarana air bersih yang tersebar di sejumlah titik di Desa Ciherang Pondok dan Desa Ciderum.

Acep Nur Fitriana, warga yang juga Ketua Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KPSPAM) Desa Ciherang, mengungkapkan awal tercetusnya program penyediaan air bersih ini. Ia bersama warga lain coba mengajukan program kolaborasi bersama Aqua yang pabriknya berjarak sekitar satu kilometer dari Desa Ciherang beberapa waktu lalu.

“Yang kami ajukan hanya program saja bahwa kami punya gagasan ingin ada satu sumber air bersih di desa kami dan kami sama sekali tidak meminta anggaran,” ucapnya.

Gayung bersambut. Menurut Asep, pihak Aqua menyetujui program yang diusulkan warga dalam bentuk Sarana Air Bersih (SAB). Kemudian, pabrik Aqua Ciherang bekerja sama dengan pihak ketiga, Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCI) untuk melakukan pengeboran air. 

“Mulai dari pengeborannya, reservoirnya, terus sama jalur, semua itu dari Aqua sendiri. Setelah jalur sudah beres, baru masyarakat dikumpulkan untuk memilih atau membuat panitia untuk mengelola sendiri sumber airnya. Alhamdulillah, kata Asep, hingga kini Desa Ciherang tidak pernah mengalami kekurangan air bersih lagi,” ucapnya.

Warga yang tinggal di Kampung Penganduan, Desa Ciherang Pondok, pernah kekurangan air bersih pada tahun 2012. Hal itu disebabkan adanya alih guna lahan serta penebangan pepohonan di desa.

“Dari sebelum pabrik Aqua berdiri saja sudah terjadi kekeringan di desa kami. Hal tu disebabkan banyak pepohonan yang ditebang dan dibikin rumah serta vila-vila,” ujar Acep.

Dia menuturkan sebelum ada pembangunan rumah-rumah baru dan vila-vila di desanya, masyarakat masih bisa mengakses air bersih meskipun agak jauh jaraknya. Warga masih bisa menikmati air bersih meskipun masuk musim kemarau. 

Nursin dari YPCII mengutarakan saat ini Aqua bekerja sama dengan YPCII telah membangun sebanyak 14 sarana air bersih yang tersebar di sejumlah titik di Desa Ciherang Pondok dan juga Desa Ciderum. Untuk Desa Ciherang Pondok telah dibangun lima titik. 

"Kami meminta masyarakat penerima manfaat program turut menjaga serta memelihara fasilitas yang telah diberikan agar bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama," kata Nursin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement