Jumat 01 Sep 2023 19:09 WIB

Penanganan Polusi Udara, Luhut: Kami Harapkan Hasil Studi Keluar 10 Hari Lagi

Luhut mengatakan upaya mengatasi polusi memerlukan waktu.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.
Foto: ANTARA FOTO/Humas OJK
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menyatakan tengah mengkaji penanganan polusi udara di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dengan Program Kemitraan Indonesia Australia untuk Perekonomian (Prospera).

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku koordinator penanganan polusi udara kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Baca Juga

“Jadi polusi udara itu, kami sedang memfinalkan studi dengan Prospera, kami harapkan 10 hari ke depan atau paling lambat dua minggu sudah dapat detail apa saja yang menjadi penting,” ujar Luhut, Jumat (1/9/2023).

Ia menyampaikan kendaraan dengan bahan bakar fosil merupakan penyumbang polusi terparah yang menyumbangkan emisi karbon. Luhut menegaskan pemerintah akan terus mempercepat proses peralihan ke kendaraan listrik, serta terus melakukan pengecekan karbon emisi kendaraan berbahan bakar fosil.

Di sisi lain, pemerintah juga akan memproduksi water mist generator untuk dipasang di gedung-gedung guna menyemprotkan air. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi polusi udara.

“Itu sekarang dimulai, itu butuh waktu karena produksi barangnya itu local content-nya butuh waktu. Kita butuh berapa ratus untuk itu,” kata Luhut.

Luhut pun meminta semua pihak tidak saling menyalahkan terkait polusi udara. Dia mengatakan upaya mengatasi polusi memerlukan waktu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement