Kamis 31 Aug 2023 07:44 WIB

PAN Beri Kesempatan Besar untuk Kader Perempuan

PAN secara resmi menggelar Deklarasi Perempuan.

Partai Amanat Nasional (PAN).
Foto: www.bmpan-diy.org
Partai Amanat Nasional (PAN).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Bidang Penggalangan Suara Perempuan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN, Intan Fauzi, mengatakan bahwa PAN merupakan partai politik di parlemen yang mengusung perempuan terbanyak dalam Pileg 2024. Ia mengamini pernyataan Ketua Panitia HUT Ke-25 PAN, Zita Anjani, dalam pidatonya di acara Pembukaan Hari Ulang Tahun PAN di Jakarta. 

“Dari data KPU RI, caleg perempuan PAN tercatat 37,2 persen di Pemilu 2024 dan tersebar di 84 daerah pemilihan di Indonesia. Secara keseluruhan, dari persentase itu tercatat ada 216 caleg perempuan dari total 580 caleg PAN, sehingga PAN menjadi partai dengan persentase tertinggi yang menempatkan caleg perempuan dibandingkan seluruh parpol yang ada di Parlemen," kata Intan, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga

Dalam rangkaian HUT Ke-25 PAN yang digelar di Jakarta, Senin 28 Agustus 2023, PAN secara resmi juga menggelar Deklarasi Perempuan Politik PAN sebagai bentuk komitmen keberpihakan PAN terhadap kaum perempuan. Pada Deklarasi Perempuan Politik tersebut, PAN menampilkan 12 orang perwakilan perempuan ke panggung perayaan HUT Ke-25 PAN sebelum dilanjutkan Pidato Politik Ketum Zulkifli Hasan. 

"Dalam pidatonya, Ketua Umum PAN Zulhas menegaskan kembali bahwa PAN sebagai partai inklusif memberikan kesempatan besar bagi kader perempuan," kata Intan Fauzi. 

Penampilan ke-12 perwakilan perempuan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi perempuan Indonesia. Ada tujuh Anggota Legislatif Perempuan dari PAN yang duduk di parlemen, dua pimpinan di DPRD, Bupati dan Wali Kota perempuan yang disebutkan Zita dalam penyampaian pidato dihadapan seluruh Anggota Legislatif se-Indonesia. 

Intan Fauzi yang juga ketua umum Perempuan Amanat Nasional, organisasi sayap PAN itu menyatakan, partainya sangat terbuka bagi siapa pun. Termasuk bagi kaum perempuan yang ingin terjun ke dunia politik memperjuangkan hak-hak perempuan. 

Intan Fauzi yang memandu jalannya diskusi pada sesi Bimtek bagi seluruh Dewan PAN se-Indonesia bersama Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi, menyatakan hasil survei IPI menemukan jika basis demografi pemilih PAN terbesar ceruknya adalah perempuan. Tercatat pemilih perempuan PAN sebesar lebih dari 6 persen dan pemilih laki-laki sebesar 2,4 persen.

"Basis partai menurut demografi tercatat 7,4 persen adalah perempuan dengan pekerjaan ibu rumah tangga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement