Rabu 30 Aug 2023 19:57 WIB

LSI Denny JA: Pemilih Milenial Solid Dukung Prabowo Subianto

Sebanyak 57 persen parpol pendukung Jokowi melabuhkan dukungan kepada Prabowo.

Rep: Antara/Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Ketum Gerindra Prabowo Subianto disaksikan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PKB Muhamin Iskandar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Ahad (13/8/2023).
Foto: Prayogi/Republika
Ketum Gerindra Prabowo Subianto disaksikan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PKB Muhamin Iskandar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Ahad (13/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilih partai pro-Prabowo terbilang cukup solid dengan menyumbangkan dukungan sebesar 43,6 persen di basis pemilih generasi milenial. Dukungan itu termaktub dari survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 1-8 Agustus 2023.

Jumlah dukungan tersebut mengalahkan partai pro-Ganjar yang mendapat angka 24,5 persen dan partai pro-Anies yang hanya mendapat 15,8 persen. Para milenial terekam banyak menjatuhkan pilihan pada partai yang mendukung capres Prabowo Subianto.

Baca Juga

"Di generasi milenial partai pro-Prabowo yang unggul. Di generasi ini partai pro-Prabowo mendapatkan 43,6 persen. Partai pro-Ganjar mendapatkan 24,5 persen. Partai pro-Anies mendapatkan 15,8 persen," kata Direktur Eksekutif LSI Denny JA, Denny JA dalam paparan di Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Selain itu, hasil survei juga menunjukan sebanyak 57 persen partai politik yang mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melabuhkan dukunganya kepada Prabowo. Sedangkan, sebanyak 28 persen dukungan kepada Ganjar.

"Dilihat dari komposisi partai, empat dari tujuh partai pendukung pemerintahan Jokowi (57 persen) berlabuh ke Prabowo. Sebanyak dua dari tujuh partai pendukung Jokowi (28 persen) mendukung Ganjar," ujar Denny JA.

Bahkan parpol pendukung Prabowo menjadi penyumbang suara terbanyak terhadap menteri pertahanan (menhan) tersebut. Perolehan suara partai pendukung Prabowo masih menjadi tertinggi dalam hasil survei tersebut.

"Perolehan suara partai pro-Prabowo masih yang tertinggi sebesar 39,0 persen. Partai Gerindra penyumbang terbesar dengan 15,7 persen. Diikuti oleh Golkar dengan 12,7 persen. Kemudian PKB sebesar 6,6 persen, dan PAN sebesar 4 persen," ucap Denny.

Survei tersebut juga mencatatkan parta koalisi Prabowo yakni Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN menyumbang elektabilitas yang signifikan. Terbukti Prabowo bertengger di posisi puncak elektabilitas survei dengan torehan angka sebesar 36,2 persen.

Sedangkan Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan 35,8 persen dan Anies Rasyid Baswedan di posisi ketiga dengan 19,7 persen. Soliditas partai pro-Prabowo diperkuat dengan tingginya elektabilitas kala menghadapi Ganjar secara head to head.

Prabowo unggul sangat signifikan jika berhadapan dengan Ganjar. Prabowo mendapat angka 51,5 persen sedangkan Ganjar mendapat 43,1 persen. "Simulasi head-to-head Prabowo dan Ganjar, memperlihatkan keunggulan Prabowo lebih telak. Elektabilitas Prabowo di angka 51,5 persen. Elektabilitas Ganjar di angka 43,1 persen. Terdapat selisih sebesar 8,4 persen," kata Denny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement