Sabtu 26 Aug 2023 23:40 WIB

PMI dan Pertamina EP Kerja Sama untuk Menyediakan Darah di Perbatasan

Pertamina EP Tarakan dinilai patut diapresiasi sebab membantu penyediaan darah.

Pegawai Pertamina melakukan donor darah (ilustrasi).
Foto: dok. Humas Pertamina Balongan
Pegawai Pertamina melakukan donor darah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG SELOR -- Palang Merah Indonesia (PMI) dan PT Pertamina (Persero) EP Tarakan Field Sembakung bekerja sama mengadakan donor darah untuk kemanusiaan dalam upaya mendukung ketersediaan darah di daerah perbatasan, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). 

"Kami menugaskan tujuh personel dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan di PT Pertamina EP Tarakan Field Sembakung ini," kata Kepala Markas PMI Nunukan, Ashar Azis di Nunukan, Sabtu (26/8/2023).

Baca Juga

Ashar mengatakan Unit Donor Darah PMI selalu mendapatkan dukungan bukan hanya dari instansi pemerintah, TNI,dan Polri, organisasi kemasyarakatan, maupun keagamaan. Dukungan juga datang dari perusahaan yang beroperasi di Nunukan dalam pengadaan darah untuk kemanusiaan. Menurutnya, dukungan tersebut patut mendapat apresiasi karena Pertamina EP Tarakan telah menjadi mitra PMI Nunukan dalam penyediaan darah.

Pada pelaksanaan donor darah ini, kata dia, PMI Nunukan memperoleh 71 kantong darah, yang terdiri atas golongan darah A 18 kantong, golongan darah B 13 Kantong, golongan darah O 37 kantong, dan golongan darah AB tiga kantong.

Ia mengatakan menjadi pendonor darah merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Darah, lanjutnya, sangat membantu orang-orang yang memiliki penyakit yang memerlukan transfusi darah, sehingga memberi manfaat sosial.

Donor darah, kata dia,  juga bermanfaat bagi kesehatan pribadi, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, hingga mendeteksi penyakit serius.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement