Rabu 23 Aug 2023 05:58 WIB

Cek Lokasi Layanan SIM di Keliling Hari Ini

Terdapat lima lokasi SIM Keliling DKI Jakarta dan dua lokasi di Depok.

Rep: Ali Mansur/ Red: Friska Yolandha
Warga memperlihatkan SIM yang telah diperpanjang di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Rabu (10/6). Diaktifkannya kembali layanan SIM keliling bertujuan mengurangi kepadatan yang terjadi di kantor samsat Jakarta Timur karena membludaknya permintaan warga untuk memperpanjang SIM
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga memperlihatkan SIM yang telah diperpanjang di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Rabu (10/6). Diaktifkannya kembali layanan SIM keliling bertujuan mengurangi kepadatan yang terjadi di kantor samsat Jakarta Timur karena membludaknya permintaan warga untuk memperpanjang SIM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian di Indonesia kepada masyarakat yang ingin mengemudi kendaraan bermotor. Karena itu sebelum habis masa berlakunya, maka segera perpanjang dengan memanfaatkan layanan SIM Keliling yang tersebar di berbagai wilayah, baik Jakarta, Depok maupun Bekasi.

Kini memperpanjang SIM lebih mudah dan efesien dengan hadirnya layanan SIM Keliling yang tersebar di beberapa titik di Jakarta, Depok dan juga Bekasi. Pemohon cukup membawa persyaratan yang telah ditentukan sebelum mendatangi lokasi layanan SIM Keliling. Untuk pelayanan SIM Keliling di wilayah DKI Jakarta pada hari ini, Rabu 23 Agustus 2023 tersedia di lima lokasi.

Baca Juga

Ini lokasi SIM Keliling di wilayah DKI Jakarta.

  • Mall Grand Cakung, Jakarta Timur
  • Mall Citraland, Jakarta Barat
  • Kampus Trilogi Kalibata, Jakarta Selatan
  • LTC Glodok, Jakarta Utara
  • Kantor Pos Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. 

Pelayanan SIM Keliling di Jakarta pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 dimulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Sementara untuk warga Depok, pelayanan SIM Keliling di Depok beroperasi di dua lokasi. Kedua lokasi itu, yakni di Hyfresh Bojongsari, Jalan Raya Bojongsari no 37, di Gerai SIM D’Mall di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, dan Trans Studio Mall Cibubur, di Jalan Raya Transyogi, Jawa Barat. Lalu untuk jam pelayanan SIM Keliling di Depok pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 mulai pukul 07.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Selanjutnya untuk layanan SIM Keliling bagi warga kota Bekasi hanya di satu lokasi, yaitu di Showroom Broomhive Jatiasih, Bekas. Jam operasional layanan SIM Keliling di Kota Bekasi pada pada hari ini Rabu, 23 Agustus 2023 dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB. 

Sebelum memperpanjang SIM di SIM Keliling segala persyaratannya harus dilengkapi lebih dulu. Namun perlu diketahui layanan SIM Keliling hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C, yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis.

Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, adalah Rp 80 ribu untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75 ribu untuk perpanjangan SIM C. 

Berikut syarat perpanjangan SIM A atau C.

  • Foto Kopi KTP yang masih berlaku
  • Foto Kopi SIM lama dan SIM asli
  • Tes Psikologi SIM
  • Surat Keterangan Sehat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement