Ahad 20 Aug 2023 21:30 WIB

Kualitas Udara di Aceh Relatif Baik, Ini Sebabnya

Kualitas udara dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Suacana langit Banda Aceh saat 17 Agustus.
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Suacana langit Banda Aceh saat 17 Agustus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh menyatakan bahwa kualitas udara di Aceh sejauh ini masih sangat baik, hal itu karena rendahnya polusi dari pabrik-pabrik besar dan kebakaran.

"Kualitas udara saat ini wilayah Indrapuri dan sekitarnya (Banda Aceh/Aceh Besar) dalam kategori baik," kata Prakirawan BMKG Aceh Stya Juangga Dirta yang dikonfirmasi dari Banda Aceh belum lama ini.

Baca Juga

Stya menyampaikan, kualitas udara di Aceh berada pada particulate matter (PM2.5), yaitu partikel udara yang berukuran lebih kecil dari atau sama dengan 2.5 µm (mikrometer).

Sehingga, dapat disimpulkan kualitas udara saat ini wilayah Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya dalam kategori baik-baik saja.

"Pengukuran konsentrasi PM2.5 menggunakan metode penyinaran sinar Beta (Beta Attenuation Monitoring) dengan satuan mikrogram per meter kubik (µm/m3)," ujarnya.

Stya menjelaskan, kualitas udara dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan yang paling dominan adalah polusi dari pabrik-pabrik atau industri besar. Kemudian, juga disebabkan adanya polutan zat karbon yang bisa bersumber dari kebakaran hutan seperti yang terjadi di Riau atau Kalimantan.

Kualitas udara Aceh baik, kata Diaz selain kurangnya industri besar atau kebakaran, juga sering turunnya hujan dan masih berpotensi hingga beberapa waktu ke depan.

"Sehingga partikel polutan di udara juga cenderung berkurang, karena sifat hujan sendiri dapat membersihkan polutan yang mencemari udara," katanya.

Dirinya menuturkan, Jakarta belakangan ini terjadi peningkatan kualitas udara yang buruk, semua itu disebabkan polutan industri, pembakaran tidak sempurna kendaraan bermotor.

"Kemudian, Jakarta juga sudah lama tidak terjadi hujan, sehingga partikel polutan bertahan di udara dan mencemari lingkungan," ujarnya.

Meskipun udara Aceh tergolong baik, Stya juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga lingkungan minimal dengan tidak membakar sampah.

Lalu, perbanyak menggunakan kendaraan umum ketimbang pribadi, sehingga polusi nya tetap selalu lebih rendah, dan beraktivitas sewajarnya.

Selanjutnya, masyarakat diharapkan dapat menghindari membuka lahan dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan sumber hotspot yang berpotensi menimbulkan karhutla jika api menyebar. Karena polutan dari pembakaran lahan dapat mencemari udara.

"Ini perlu diperhatikan karena masih banyak masyarakat baik petani mandiri/perorangan maupun lembaga perkebunan yang membuka lahan dengan cara dibakar, umumnya terjadi di Aceh Besar, Aceh Tengah, Bener Meriah," demikian Stya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement