Jumat 11 Aug 2023 18:51 WIB

AP II Salurkan Rp 120 Juta Bantu Pariwisata Banten

AP II berharap, program tersebut dapat memberikan peran positif bagi masyarakat.

Logo PT Angkasa Pura II
Foto: facebook.com/airport138
Logo PT Angkasa Pura II

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura (AP) II Persero melalui Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang mengucurkan dana bantuan sebesar Rp 120 juta untuk meningkatkan sektor pariwisata di Banten.

Executive General Manager KCU Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana dalam keterangan tertulis yang diterima di Tangerang, Jumat (11/8/2023), mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan untuk kebangkitan pariwisata Provinsi Banten. Dana bantuan itu, lanjut dia, antara lain untuk pengembangan sarana dan prasarana Rumah Pelestarian Penyu yang dikelola oleh Komunitas 'Sahabat Penyu' sebesar Rp 100 juta, sedangkan Rp20 juta untuk pembelian alat kerja UMKM dan fasilitas pendukung Sanggar Seni Budaya di daerah tersebut.

Baca Juga

"Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang berada di wilayah Banten, kami harap sedikit kontribusi ini dapat membantu  mewujudkan pariwisata berkelanjutan (Suistanable Tourism) yang memperhatikan dampak terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan, baik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan," kata Dwi.

Ia berharap, program tersebut dapat memberikan peran positif dalam peningkatan berbagai sektor dan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar.

Selain itu, juga bisa mendorong kebangkitan sektor pariwisata pascapandemi COVID-19. Bandara Soekarno-Hatta juga telah menjalankan program terintegrasi dari hulu hingga hilir untuk UMKM naik kelas mulai dari inkubasi, pelatihan, pembiayaan, pendampingan, hingga promosi dan pemasaran produk.

Sejak awal 2023 ini, AP II telah memberikan panggung bagi pelaku UMKM untuk memperluas promosi dan pemasaran produknya di Gerai Nusantara Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Fasilitas tersebut diberikan secara gratis untuk perluasan promosi dan pemasaran yang diharapkan dapat mengakselerasi UMKM untuk naik kelas dan memperluas jaringan ke pasar global.

Pelaksanaan TJSL Program Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan dengan mengusung tema 'Jelajah Negeri Berjuta Pesona' ini dilaksanakan secara serentak di 18 objek wisata Wilayah Kantor Cabang Bandara PT Angkasa Pura II. Program ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-39 PT Angkasa Pura II.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement