Kamis 10 Aug 2023 12:45 WIB

UPI Resmi Buka Program Studi Kedokteran

UPI membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru TA 2023/2024.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Kampus UPI Bandung
Foto: Republika/Edi Yusuf
Kampus UPI Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) resmi membuka Program Studi Kedokteran. Hal tersebut dilakukan karena sudah dinyatakan telah memenuhi persyaratan.

UPI telah mengantongi surat untuk membuka Program studi Kedokteran dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKES) pada 3 Agustus 2023.

Menurut Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof Dr M Solehuddin, MPd MA, pihaknya memberikan apresiasi dengan diterimanya surat resmi tentang keputusan penetapan serta rekomendasi telah memenuhi persyaratan akreditasi minimum program studi dari LAM PTKES. 

Selama ini, kata Prof Solehuddin, UPI terus berupaya maksimal dan bekerja keras dalam pendirian Program Studi Kedokteran pada Fakultas Kedokteran UPI ini. "Kita tidak setengah-setengah, kita berupaya dengan luar biasa,’’ ujar Prof Solehuddin, Kamis (10/8/2023).

Menurut dia, keberadaan Program Studi Kedokteran pada Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Indonesia diharapkan melengkapi Fakultas Kedokteran yang sudah ada di Indonesia dengan memiliki berbagai keunggulan.

"Melalui identitas pendidikan, kekhasan, dan keunggulan yang dimiliki semoga bisa memenuhi kebutuhan tenaga dokter. Serta, melayani masyarakat serta mewarnai dalam kiprah Fakultas Kedokteran di Indonesia," katanya.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI Prof Dr H Didi Sukyadi, MA mengatakan, melalui penerimaan keputusan penetapan tersebut, UPI secara resmi membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 untuk Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Dokter Pada Program Pendidikan Profesi.

Sementara, menurut Direktur Direktorat Pendidikan UPI, Dr rer nat Asep Supriatna, MSi pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 dilaksanakan, yaitu sosialisasi dan promosi mulai tanggal 8 Agustus 2023 sampai dengan 14 Agustus 2023. Kemudian, pelaksanaan pendaftran dimulai dari tanggal 10 Agustus 2023 sampai dengan 16 Agustus 2023. Lalu, Pelaksanaan ujian tulis pada 18 Agustus 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023. Kemudian, pengumuman kelulusan pada tanggal 22 Agustus 2023.

Selanjutnya, pelaksanaan registrasi 23 Agustus 2023 sampai dengan 25 Agustus 2023, Pelaksana Masa Orientasi Kampus & Kuliah Umum tanggal 28,29 dan 30 Agustus 2023 (7) pelaksanaan perkuliahan tanggal 1 September 2023. 

Prof Dr R Boyke Mulyana, MPd selaku Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) sekaligus tim pengusul menjelaskan, pendirian Fakultas Kedokteran ini sudah lama. Menurutnya, semua tim pengusul memiliki semangat dalam berbagai proses dan tahapan pengusulan dan pendirian. 

"Keberadaan sport medicine dan sport science di UPI ikut serta memberikan dukungan keunggulan bagi Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Dokter pada Program Pendidikan Profesi Universitas Pendidikan Indonesia," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement