Rabu 09 Aug 2023 16:50 WIB

Instagram LRT Jabodebek Diretas, Promo Tebus Murah Iphone Hoaks!

Akun Instagram LRT Jabodebek diretas sejak hari ini.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Rangkaian kereta LRT Jabodebek melintasi jembatan lengkung di Jakarta, Kamis (3/8/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rangkaian kereta LRT Jabodebek melintasi jembatan lengkung di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — LRT Jabodebek memastikan akun media sosial Instagram @lrt_jabodebek diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Akun Instagram LRT Jabodebek diretas sejak hari ini dengan munculnya unggahan promosi tebus murah Iphone bagi pengikutnya. 

“Pembajakan akun Instagram @lrt_jabodebek ini dilakukan dengan menjadikan akun @lrt_jabodebek seakan-akan memberikan give away tebus murah Iphone 14 untuk dua orang followers akun LRT Jabodebek dengan syarat yang ditentukan,” kata Manajer PR LRT Jabodebek Kuswardoyo dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (9/8/2023). 

Baca Juga

Kejadian tersebut diketahui oleh tim LRT Jabodebek pada pukul 13.58 WIB. Dia menegaskan, saat ini akun Instagram LRT Jabodebek dalam penanganan tim TI PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. 

Kuswardoyo meminta masyarakat luas agar tidak terpancing dengan adanya info dan promosi yang diberikan oleh akun Instagram @lrt_jabodebek tersebut. Sebab informasi tersebut diluar informasi terkait LRT Jabodebek. 

“Hingga saat ini kami tidak pernah memberikan informasi promo barang apapun melalui akun medsos LRT Jabodebek," ucap Kuswardojo.

Kuswardojo menyampaikan tim TI KAI hingga saat ini masih terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk itu, Kuswardoyo mengimbau masyarakat tidak perlu termakan hoaks yang diunggah peretas tersebut. 

Sejak promosi tersebut muncul, terpantau sekitar ribuan pengikut akun Instagram LRT Jabodebek menyukai unggahan tersebut. Bahkan unggahan juga dilakukan melalui Instagram story @lrt_jabodebek. 

Hanya saja dalam unggahan tersebut, kolom komentar dimatikan oleh hacker. Hal tersebut memunculkan kecurigaan dan pada akhirnya dikonfirmasi jika saat ini akun Instagram tersebut diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement