Sabtu 05 Aug 2023 14:23 WIB

PSI Merapat ke Prabowo, Pengamat Sebut Ada Peran Jokowi

Grace Natalie dan pengurus PSI menyambut bahagia kunjungan Prabowo Subianto.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendadak merapat untuk mendukung capres Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (IndoStrategic), Ahmad Khoirul Umam menilai, hal itu tidak lain karena adanya arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Karena itu, PSI akhirnya berani bersikap menerima Prabowo. "Sikap dan keputusan politik PSI yang semula mendukung Ganjar dan kini cenderung mendukung Prabowo, besar kemungkinan atas sepengetahuan dan restu politik Jokowi," kata Khoirul kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

Khoirul menilai, pergerakan yang dilakukan oleh PSI tidak terlepas dari banyaknya jaringan relawan Jokowi pada Pilpres 2019, yang kini berbalik mendukung pencalonan Prabowo. Khoirul menyebut, langkah politik yang diambil PSI semakin menguatkan bahwa jaringan politik Jokowi kian solid mendukung Prabowo pada Pilpres 2024.

"Sikap PSI ini mempertegas bahwa sel-sel politik di lingkaran Jokowi semakin solid berkumpul ke kubu Prabowo," ucap dosen Universitas Paramadina tersebut.

Menurut Khoirul, semakin solidnya dukungan yang dimiliki oleh orang-orang di sekitar Presiden Jokowi terhadap Prabowo, hal itu kian mengisyaratkan sebagai bentuk perlawanan secara terbuka kepada mesin politik capres Ganjar Pranowo yang sudah diusung terlebih dahulu diusung PDIP.

"Konsolidasi sel-sel pendukung Jokowi di kubu Prabowo ini semakin menunjukkan perlawanan terbuka Jokowi pada mesin politik pencapresan Ganjar yang diusung PDIP," ujar Khoril.

Sebelummya, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI, Grace Natalie buka suara terkait kunjungan Prabowo ke kantor DPP PSI, Jakarta Pusat pada Rabu (2/8/2023) petang WIB. Grace mengatakan, dalam pertemuan tersebut, PSI dan juga Prabowo sama-sama menemukan banyak kesamaan visi dan pandangan.

Tak hanya itu, Grace menilai Prabowo mempunyai niat baik untuk mengakselerasi program yang sudah digagas oleh Presiden Jokowi. Dia mengaku bahagia atas hal tersebut dan yakin jika Prabowo menjadi pemimpin Indonesia berikutnya, maka masa depan Indonesia bakal cerah.

"Ada niatan baik dari Pak Prabowo untuk melanjutkan apa yang sudah Pak Jokowi perjuangkan. Dan ini tentu membuat kami lega dan senang, bahwa Indonesia ke depan akan cerah," ujar Grace

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement