Ahad 30 Jul 2023 23:05 WIB

Kejar Penurunan Stunting, RK Minta Bidan Beri Edukasi Gizi ke Masyarakat

RK ingatkan persoalan lain yang juga membutuhkan perhatian adalah obesitas

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Grand Launching Klinik Pratama Ramah Lansia Inggit Garnasih di Jalan Flores, Kota Bandung, Kamis (20/7/2023).
Foto: dok. Rizal FS/Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Grand Launching Klinik Pratama Ramah Lansia Inggit Garnasih di Jalan Flores, Kota Bandung, Kamis (20/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus menggenjot penurunan angka stunting. Walaupun dari tahun ke tahun prevalensi stunting Jabar terus mengalami penurunan, hingga saat ini angka tersebut masih berada di 20,2 persen. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengatakan dibutuhkan aksi nyata untuk mengejar target penurunan stunting Jabar hingga 14 persen pada 2024.

“Selain stunting, persoalan lain yang juga membutuhkan perhatian adalah obesitas dan diabetes anak. Saat ini masih kurang peran masyarakat dalam mendapatkan informasi yang baik terkait gizi serta kebiasaan-kebiasaan yang sulit diubah, misalnya penggunaan kental manis sebagai susu anak,” ujar pria yang biasa disapa Kang Emil itu dalam siaran pers, Ahad (30/7/2023).

Hal itu dia sampaikan dalam sambutannya pada Webinar Nasional ‘Bidan Sebagai Garda Terdepan Dalam Mewujudkan Masyarakat Dan Mengawal Generasi Emas 2045’ yang diselenggarakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Barat dengan Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI), beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dia berharap bidan dapat mengambil peran strategis dalam perbaikan gizi anak. Menurut dia, obesitas, diabetes dan penyakit lainnya adalah masalah yang harus diselesaikan bersama. “Karena itu bidan diharapkan dapat memberikan pendampingan dan informasi gizi seperti edukasi tentang penggunaan kental manis yang tidak tepat di masyarakat,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, persoalan konsumsi kental manis sebagai minuman susu anak dan balita masih jamak terjadi. Meskipun BPOM telah mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan kental manis sebagai minuman susu anak, hingga saat ini masih banyak temuan konsumsi kental manis sebagai pengganti susu bahkan sebagai pengganti ASI pada bayi.

Karena itu, Ketua IBI Provinsi Jabar, Eva Riantini, mengatakan pentingnya sosialisasi dan edukasi penggunaan kental manis menjadi tanggung jawab banyak pihak, termasuk bidan sebagai tenaga kesehatan yang dekat dengan masyarakat. Menurut dia, masyarakat perlu mengetahui bahwa kental manis bukan merupakan susu.

“Seluruh stakeholders dan pihak-pihak terkait perlu meyakinkan masyarakat bahwa hal tersebut tidak baik untuk anak-anak, terlebih untuk jangka panjang, generasi masa depan,” ujar Eva. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Tim Kerja Kesehatan Maternal, Neonatal dan Penurunan AKI AKB Kementerian Kesehatan, Laila Mahmudah, juga mengingatkan peran strategis bidan yang dapat dilakukan, yaitu berupa pembinaan posyandu dan penguatan kapasitas kader, menginisiasi hadirnya kelompok-kelompok penggerak kesehatan di masyarakat, kelas-kelas edukasi untuk remaja, ibu hamil dan balita.

“Bidan juga mempunyai peran dalam membantu masyarakat mengenali masalah gizi dan kesehatan di wilayahnya, serta menentukan prioritas intervensi gizi dan kesehatan, mendampingi masyarakat untuk mengenali potensi pendukung gizi dan kesehatan di wilayahnya, sehingga tercipta inovasi daerah yang memanfaatkan kearifan lokal,” jelas Laila.

Lebih lanjut Laila menjelaskan, penyuka makanan minuman manis khususnya kental manis itu cenderung dapat terkena diabetes. Risiko dari konsumsi susu kental manis terhadap diabetes yaitu terlihat dari tingginya kadar gula pada pada diabetes.

“Apalagi bila ditambah dengan mengkonsumsi makanan lain yang kurang baik kemudian pola hidup anak yang sekarang kita tahu ya anak lebih sering bermain gadget kemudian yang kurang aktivitas fisik itu biasanya menambah risiko terjadinya diabetes pada anak,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement