Sabtu 29 Jul 2023 21:15 WIB

Tanggapi Usulan Warga Kasomalang Kulon Subang, Relawan Ganjar Muda Bangun Bak Sampah

Ada tiga bak sampah dengan masing-masing seluas 6x10 meter.

Bak sampah untuk warga Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar).
Foto: Dok. Web
Bak sampah untuk warga Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar).

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Kelompok relawan GMP membangun bak sampah untuk warga Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar). Sebanyak tiga bak sampah dengan total ukuran 6 x 10 meter dibangun secara gotong royong oleh sukarelawan GMP bersama warga di Dusun Rancasari RT02/07 desa setempat. Pembangunan dimulai pada Senin (24/7/2023) hingga Kamis (27/7/2023).

“Kami meresmikan bak sampah di Desa Kasomalang, Kabupaten Subang. Ini tentu kegiatan yang merupakan hasil dari merespons aspirasi masyarakat,” kata Koordinator Pusat GMP Fadhil Syafarmi, seperti dilansir pada Sabtu  (29/7/2023). 

Baca Juga

Tiga bak sampah yang dibangun dapat digunakan masyarakat sekitar untuk membuang sampah sehari-hari. Sehingga, kata Fadhil, warga bisa bersama-sama mewujudkan lingkungan desa yang lebih bersih dan asri.

“Kami berkoordinasi untuk menginisiasi bak sampah ini. Tentunya diperuntukkan untuk warga Desa Kasomalang. Ini juga bentuk ajakan kami untuk tidak buang sampah sembarangan,” kata dia.

“Tentu ini juga adalah program investasi sosial GMP, bagaimana keberadaan GMP ini bisa dirasakan warga Jawa Barat, khususnya hari ini di Desa Kasomalang Kulon,” sambung Fadhil.

Ia mengatakan, kegiatan ini terinspirasi dari sasok Ganjar. Seperti dinukip dari Antara, ganjar sendiri kerap menekankan pengelolaan sampah dari hulu hingga ke hilir, sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada semua pihak.

“Kami ingin menyapa terus masyarakat Jawa Barat untuk berkegiatan secara menyeluruh. Tentu masih dalam rangkaian kegiatan social investment, bagaimana kebermanfaatan ini bisa dirasakan warga secara langsung,” katanya.

Fadhil pun menegaskan komitmen GMP dalam menebar kebermanfaatan untuk masyarakat pada kegiatan-kegiatan sukarelawan selanjutnya.

“Tentu ini adalah komitmen final GMP untuk warga bagaimana program tidak hanya seremonial semata, tapi kegiatan yang nyata. Kemudian bagaimana kami merespons aspirasi masyarakat yang membutuhkan bantuan,” imbuhnya.

Tokoh Masyarakat Desa Kasomalang Kulon Abdullah berterima kasih kepada sukarelawan GMP. Abdullah pun mendoakan kesehatan dan kesuksesan program-program GMP.

“Kepada sukarelawan, mudah-mudahan diberikan kesehatan dalam mengerjakan semua kegiatannya. Semoga juga dikabulkan hajat-hajat teman-teman semuanya,” kata dia menegaskan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement