Jumat 28 Jul 2023 01:26 WIB

PPP: Cawapres Pendamping Ganjar Ditentukan Megawati

PDIP mengakui bakal cawapres Ganjar sudah mengerucut pada lima nama.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi.
Foto: Antara
Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengatakan, sosok cawapres pendamping capres Ganjar Pranowo akan ditentukan oleh ketua umum partai koalisi, khususnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Adapun PPP kini hanya pada posisi mengajukan sosok cawapres.

"Terkait cawapres tentu PPP dalam posisi mengajukan, adapun keputusannya bergantung kesepakatan para ketum parpol, khususnya Ibu Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP," kata pria yang akrab disapa Awiek itu lewat keterangan tertulisnya, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga

Hal itu disampaikan Awiek untuk merespons pernyataan Ketua DPP PDIP soal sosok pendamping Ganjar sudah mengerucut ke lima nama, yang salah satunya adalah Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno. Awiek mengatakan, PPP merasa terhormat dengan adanya nama Sandi dalam lima kandidat tersisa.

Menurut Awiek, mengerucutnya nama calon pendamping Ganjar dari 10 menjadi lima menandakan bahwa komunikasi politik berjalan secara progresif. Pihaknya pun akan terus mengkomunikasikan pengusungan Sandi.

"Sandiaga Uno memiliki kriteria yang dibutuhkan sebagai cawapres Ganjar, dan dari aspek elektabilitas terbukti cukup efektif mendongkrak keterpilihan Ganjar, sebagaimana hasil beberapa lembaga survei," ujar Awiek.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut, kandidat cawapres pendamping Ganjar sudah tersisa lima nama. "Dulu ada 10 nama, sekarang sudah mengerucut ke lima nama," kata Puan usai menghadiri acara hari lahir (harlah) PKB di Solo, Ahad (23/7/2023).

Kelimanya adalah Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement