Rabu 12 Jul 2023 09:45 WIB

Mahasiswa UIN Walisongo Ikuti KKN Internasional, Apa Saja Kegiatan Mereka?

Program KKN Internasional ini Dilaksanaka di Hanoi, Vietnam dan Selangor, Malaysia 

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mahasiswa melakukan kuliah kerja nyata di tengah masyarakat.
Foto: Dokumen
Ilustrasi mahasiswa melakukan kuliah kerja nyata di tengah masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Untuk kali pertama mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional.

Sebanyak 12 Mahasiswa UIN Walisongo dikirimkan untuk mengikuti KKN Internasional di Malaysia dan Vietnam, mulai 13 Juli hingga 10 Agustus 2023 mendatang.

Baca Juga

Dalam program KKN Internasional ini, para mahasiswa UIN Walisongo akan melaksanakan berbagai program pengabdian masyarakat, pemberdayaan hingga pengenalan budaya.

Mereka juga akan menjadi duta Walisongo dalam menebar kedamaian dan moderasi beragama serta mengedepankan Islam yang Rahmatal lil Alamin. 

Menurut Sekertaris LP2M UIN Walisongo, Dr Mokh Sya’roni MAg KKN Internasional ini menjadi pioner untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkup antar negara.

Tim LP2M UIN Walisongo sudah bekerja keras dan mempersiapkan dengan baik demi terlaksananya kegiatan mulia dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat ini.

Ia berharap selama KKN, mahasiswa bisa beradaptasi dengan baik,  bisa berbaur dan memberikan program program yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Saya titip mahasiswa bisa menjaga nama baik almamater dan nama UIN Walisongo melalui pengabdian dalam kegiatan KKN Internasional ini,” jelasnya, di Semarang, Rabu (12/7).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat UIN Walisongo, M.Rikza Chamami menambahkan, peserta KKN Internasional LP2M ini telah mendapatkan pembekalan.

Pembekalan diberikan sesuai dengan program- program serta tema yang akan dilalsanakan di lokasi penempatan KKN Internasional UIN Walisongo di Vietnam maupun di Selangor Malaysia.

Misalnya, jelas Rikza, salah satu tema yang diangkat dalam pelaksanaan KKN Internasional di Hanoi, Vietnam adalah “Embrancing Diversity, Expanding Community”.

Program ini mencakup bidang in collaborations with Masjid Al Noer Vietnam (Religion), sharing Indonesian culture (Social Culture), teaching class make study modul, campus visit (Education).

"Selain itu juga pelatihan handy craft, bead work (Economic and Enterpreneurship) serta in collaboration with keep Hanoi clean (Enviroment)," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement