Jumat 30 Jun 2023 20:51 WIB

Gempa Yogya Terasa Sampai Malang, Pengunjung Mal Panik Berhamburan

BMKG memastikan gempa 6,4 SR ini tidak berpotensi tsunami.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Qommarria Rostanti
Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023). Berdasarkan keterangan BMKG, gempa terjadi pada pukul 19:57:43 WIB.
Foto: Dok Media Sosial
Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023). Berdasarkan keterangan BMKG, gempa terjadi pada pukul 19:57:43 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Gempa bumi kembali terjadi di Indonesia pada Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB. Kali ini, gempa berkekuatan 6,4 SR tersebut berpusat di sekitar DI Yogyakarta.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut 86 kilometer (km) barat daya Bantul, DI Yogyakarta. Wilayah yang ikut merasakan gempa ini antara lain Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Kediri, Mojokerto, Malang dan seterusnya. BMKG memastikan gempa kedalaman 25 km ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga

Silvi termasuk salah satu warga Kota Malang yang ikut merasakan gempa. Warga Sawojajar, Kota Malang, ini mendapatkan cerita dari anaknya bahwa gempa terjadi sebanyak dua kali.

“Aku pas di kamar, pas gempa pertama, anakku terasa. Aku gak kerasa,” kata perempuan berusia 45 tahun ini kepada Republika.co.id, Jumat (30/6/2023).

Pada gempa yang kedua, Silvi ikut merasakannya ketika dia sedang tiduran. Karena khawatir, dia dan anaknya ikut keluar ke halaman rumah.

Tak hanya itu, anaknya yang lain juga ikut merasakan gempa saat berada di Mall Olympic Garden (MOG) Malang. “Banyak pengunjung panik. Apalagi di lantai atas,” jelasnya.

Menurut Silvi, jarak waktu antara gempa pertama dan kedua tidak terlalu lama. Namun, dia memastikan gempa tersebut terasa cukup kencang baginya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement