Sabtu 24 Jun 2023 10:02 WIB

Piala Dunia U-17 2023: Simak Waktu Pertandingan, Undian, dan Tim Pesertanya

Tidak ada Israel dari perwakilan Eropa yang lolos ke putaran final Piala Dunia U-17.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Piala Dunia U-17
Foto: explow.com
Piala Dunia U-17

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia sudah dipastikan bakal menjadi tuan rumah edisi ke-19 Piala Dunia U-17. Ajang ini akan bergulir pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Sebanyak 24 tim nasional dari enam konfederasi akan ikut ambil bagian dalam putaran final turnamen kategori umur besutan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) tersebut.

Piala Dunia U-17 2023 sekaligus menjadi gelaran pertama turnamen dua tahunan tersebut setelah sempat vakum selama empat tahun akibat pandemi Covid-19. Brasil menjadi negara penyelenggara pada edisi terakhir pada 2019 silam sekaligus keluar sebagai juara usai mengandaskan perlawanan Meksiko 2-1 pada partai final.

Baca Juga

Dengan status sebagai tuan rumah di Piala Dunia U-17 2023, Indonesia pun berhak langsung tampil di putaran final. Garuda Muda akan berada di pot 1 dan dipastikan akan bersaing di Grup A. Selain Federasi Sepak Bola Asia (AFC), lima konfederasi lain sudah memastikan wakilnya di putaran final Piala Dunia U-17 2023.

Para kontestan tersebut ditentukan berdasarkan hasil dari Piala U-17 di konfederasi masing-masing. Tim-tim teratas dari turnamen-turnamen tersebut berhak merumput di putaran final Piala Dunia U-17. 

Seperti halnya di Piala Dunia senior, UEFA mengirimkan wakil terbanyak dengan lima tim, sedangkan zona Oseania atau OFC hanya mengirimkan dua wakil. AFC juga sebenarnya mengirimkan lima wakil di turnamen ini. Namun, kondisi ini tidak terlepas dari Indonesia sebagai tuan rumah. 

Dari kawasan Afrika atau Federasi Sepak Bola Afrika (CAF), juara Piala Afrika U-17, Senegal, akan ditemani oleh runner-up turnamen, Maroko. Selain itu, Afrika juga bakal diwakili Burkina Faso dan Mali selakuk semifinalis Piala Afrika U-17 2023. Gelaran Piala Afrika U-17 2023 diketahui telah memainkan partai final pada 19 Mei silam.

Sementara dari Eropa, UEFA, mengirimkan lima wakil, yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Polandia. Jerman menjadi peraih gelar juara Piala Eropa U-17 2023 usai menang babak adu penalti kontra Prancis, awal Juni 2023 silam. Lima wakil Eropa di Piala Dunia U-17 2023 ditentukan via babak playoff yang digelar pada pengujung turnamen. Tidak ada Israel yang menjadi pengganjal Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 silam.

Dari kawasan Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, dan Amerika Utara (CONCACAF), Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, dan Panama berhak melaju ke putaran final Piala Dunia U-17 2023. Empat tim tersebut menjadi tim terakhir yang bertahan di Piala Concacaf U-17 2023 dengan Meksiko sebagai pemegang titel juara usai mengandaskan Amerika Serikat, 3-1, akhir Februari silam.

Brasil, Argentina, Ekuador, dan Venezuela akan menjadi wakil zona CONMEBOL di gelaran Piala Dunia U-17 2023. Brasil berhasil mengakhiri turnamen Piala CONMEBOL U-17 2023 usai memuncaki klasemen akhir putaran final, diikuti Ekuador, Argentina, dan Venezuela.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement