Kamis 22 Jun 2023 14:06 WIB

Laga Persis Vs Persebaya, Gibran Izinkan 500 Bonek Nonton di Manahan

Sebanyak 500 suporter Persebaya itu akan ke Solo menggunakan 10 bus.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengungkapkan bahwa 500 an Bonek atau suporter Persebaya akan menghadiri laga Persis Solo melawan Persebaya Surabaya. Laga tersebut direncanakan bakal berlangsung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/6/2022) malam.

"Ada 500 suporter ya, 10 bus," katanya, Kamis (22/6/2023). Gibran menegaskan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Presiden Persebaya, Azrul Ananda, serta Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi.

Di mana Bonek yang diizinkan untuk menonton laga pramusim tersebut hanyalah yang menggunakan bus.  "Kami sudah berkoordinasi dengan Mas Azrul dari Persebaya dengan Pak Kapolres bahwa yang boleh masuk Solo hanya 10 bus ini saja, nanti yang mau naik motor sendiri, kereta sendiri ga boleh," tegas dia.

Tak hanya itu, Gibran juga mengungkapkan akan ada penyekatan. Kendati demikian pihaknya mengaku welcome dengan Bonek namun harus berangkat menggunakan bus.

"Njih (iya) kami sudah sepakat kita welcome dengan para suporter Persebaya tapi melalui sepuluh bus yang sudah kami sediakan," katanya.

Sebelumnya, Polresta Solo bakal melakukan mekanisme pengamanan saat suporter Persebaya Surabaya (Bonek) merapat ke Kota Solo saat laga persahabatan melawan Persis Solo.

Pertandingan persahabatan tersebut rencananya bakal digelar di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/6/2023). Di mana kedatangan suporter pun juga telah diizinkan oleh Pemkot Solo.

"Seperti yang disampaikan Mas Wali, bahwa pemberangkatan suporter dari Surabaya itu secara kolektif artinya dengan menggunakan bus yang sudah disiapkan. Sehingga tidak ada suporter yang berangkat sendiri-sendiri," kata kapolresta.

Pihaknya akan melakukan mekanisme pengamanan agar pertandingan tersebut tidak kehilangan salah satu maknanya yakni persahabatan. Hal tersebut juga sesuai, aturan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Kewenangan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga

"Nanti akan ada pembicaraan secara detail untuk teknis pemberangkatan suporter. Kita tidak ingin laga friendly match ini kehilangan makna (persahabatan)," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement